DETEKSI DINI GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK

Bagaimana mengetahui apakah perkembangan anak ibu normal ? Berikut tips yang dapat digunakan untuk mengecek perkembangan anak

Kemampuan yang diharapkan pada usia 0-1 bulan adalah :

1. Waspada terhadap suara (seperti suara yang mengejutkan, membuka mata), tetapi tidak mencari sumber keributan
2. Menangis sebelum menyusu dan segera tenang setelah mulai menyusu
3. Biasanya tenang jika mendengar suara dan kehangatan tubuh ibunya
4. Dapat mengikuti wajah seseorang, atau objek yang bergerak walaupun hanya sebentar
5. Mulai tersenyum

Kemampuan yang diharapkan pada usia 2 bulan adalah :

1. Mengikuti gerakan objek 180o dan fokus untuk beberapa saat
2. Tersenyum dengan mengubah ekspresi wajah, pada sesuatu yang berada tidak terlalu dekat
3. Mendengarkan suara, tertawa
4. Bersuara huruf vokal a, e, o, u(cooing), kadang-kadang, terdengar bersuara ha, he, ehe
5. Terlihat tenang jika mendengar suara yang dikenalnya

Kemampuan yang diharapkan pada usia 4 bulan adalah :

1. Mengikuti objek dengan gerakan kepala lebih dari 180o
2. Fokus pada benda dan menunjukkan minat terhadapnya
3. Tertawa keras, tampak tidak senang bila kontak sosial tidak menyenangkan, tertarik pada makanan
4. Mengikuti objek dari seluruh penjuru, kanan, kiri, atas dan bawah
5. Bermain dengan tangannya
6. Memasukkan mainan ke dalam mulutnya
7. Mencari arah suara, berespons ketika namanya dipanggil

Kemampuan yang diharapkan pada usia 6 bulan adalah :

1. Babbling seperti ra, re, da, de, dadada, gegege
2. Berkata papa, mama secara spontan, mulai mengikuti suara
3. Malu ketika melihat wajah yang tidak dikenal, tidak selalu takut
4. Ia tertawa ketika ibunya tertawa dan ketika melihat bayangan dirinya di kaca
5. Berusaha meraih benda
6. Berespons terhadap suara keras dan mendengarkan secara seksama arah suara
7. Menatap orang atau objek termasuk yang ada di tangannya

Kemampuan yang diharapkan pada usia 9 bulan adalah :

1. Mengerti jika dilarang
2. Bermain cilukba
3. Berkata mama, papa, dada, tata, menikmati berbicara banyak yang tidak diketahui maknanya (immature jargoning)
4. Berekspresi terhadap lingkungannya dengan tersenyum
5. Mulai takut terhadap orang yang tidak dikenal dan menangis
6. Mendengarkan secara seksama ketika mendengar suara dan mencari sumbernya
7. Mengamati objek sebaik mengamati orang
8. Makan kue yang dipegangnya, minum dari cangkir, makan dari sendok

Kemampuan yang diharapkan pada usia 12 bulan adalah :

1. Mengambil manik-manik tanpa bantuan, memberikan benda jika diminta
2. Mengucapkan 1-3 kata seperti ham-ham, wow-wow, ga-ga
3. Kata mama, papa sudah menunjukkan orangnya
4. Berespons terhadap namanya sebaik terhadap kata “berikan mama…”
5. Bermain dengan orang lain termasuk bermain bola sederhana
6. Mengerti ketika dimarahi atau dipuji
7. Tertawa keras atau tersenyum
8. Senang bermain petak umpet dan menikmati melihat cermin ketika dapat mengenali dirinya
9. Bermain dengan teman-temannya
10. Ada kontak mata yang baik dan kontak sosial
11. Takut hanya pada yang benar-benar ditakutinya
12. Dapat memilih bermain dengan orang yang diinginkan dan menolak yang lainnya

Kemampuan yang diharapkan pada usia 15 bulan adalah :

1. Meniru ibunya dan mematuhi perintah sederhana
2. Berjalan sendiri, naik tangga merangkak
3. Dapat mengambil pakaian
4. Menulis semrawut jika diberi pensil
5. Membangun menara dengan 2 kubus
6. Mengambil mainan ke luar dari tempatnya dan mengembalikannya kembali
7. Berkata mama dan papa secara benar, kadang-kadang mengucapkan beberapa kata
8. Bereaksi ketika namanya dipanggil sebaik mengerti perintah ya dan tidak
9. Menunjukkan hasrat atau keinginan dengan menunjuk atau merangkul ibunya
10. Ia menangis dan tertawa pada saat yang tepat
11. Bermain petak umpet dengan teman-temannya dan bermain dengan orang dewasa
12. Makan bersama
13. Mampu mengambil benda dari lantai
14. Ia tidak dapat tinggal sendirian karena akan mengambil apa saja dan mencoba segala sesuatu

Kemampuan yang diharapkan pada usia 18 bulan adalah :

1. Berlari canggung, duduk di kursi kecil, naik tangga satu tangan berpegangan
2. Membangun manara 4 kubus, meniru garis vertikal, mengambil manik-manik dari botol
3. Mengeluarkan 10 kata, menyebutkan gambar, mengenal 1 atau lebih bagian tubuh
4. Makan sendiri, meminta tolong, mengeluh ngompol atau defekasi, mencium dengan kecupan
5. Menopang dengan tangannya, membawa bola tanpa jatuh, mengelompokkan benda
6. Meniru pekerjaan rumah tangga dan menolong jika diperintah dengan perintah sederhana
7. Menyentuh dan membedakan benda dan permukaan
8. Bermain dengan konsentrasi yang baik dan fantasi
9. Kata-katanya mudah dimengerti

Kemampuan yang diharapkan pada usia 24 bulan adalah :

1. Berlari dengan baik, naik turun tangga satu demi satu langkah, membuka pintu, memanjat perabotan, meloncat, menendang bola kecil
2. Membangun menara dengan 7 kubus, meniru garis horizontal dan lingkaran, meniru melipat kertas
3. Mengucapkan 3 kata bersamaan (subjek, kata kerja, objek)
4. Memegang sendok dengan baik, bercerita tentang, pengalamannya, membantu sewaktu buka baju, mendengarkan cerita melalui gambar
5. Meniru mengerjakan pekerjaan rumah tangga
6. Menunjuk paling sedikit satu bagian dari badannya 

Kemampuan yang diharapkan pada usia 2 tahun adalah :

  1. Naik tangga dan berlari-lari
  2. Mencoret-coret pensil pada kertas
  3. Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya
  4. Menyebut 3 – 6 kata yang mempunyai arti, seperti bola, piring, dan sebagainya
  5. Memegang cangkir sendiri
  6. Belajar makan-minum sendiri

Kemampuan yang diharapkan pada usia 3 tahun adalah :

  1. Mengayuh sepeda roda tiga 
  2. Berdiri di atas satu kaki tanpa berpegangan
  3. Bicara dengan baik menggunakan 2 kata
  4. Mengenal 2 – 4 warna
  5. Menyebut nama, umur dan tempat
  6. Menggambar garis lurus
  7. Bermain dengan teman
  8. Melepas pakaiannya sendiri
  9. Mengenakan sepatu sendiri

Kemampuan yang diharapkan pada usia 5 tahun adalah :

  1. Melompat-lompat 1 kaki, menari, dan berjalan lurus
  2. Menggambar orang 3 bagian (kepala, badan, tangan/kaki)
  3. Menggambar tanda silang dan lingkaran
  4. Menangkap bola kecil dengan kedua tangan
  5. Menjawab pertanyaan dengan kata-kata yang benar
  6. Menyebut angka, menghitung jari
  7. Bicaranya mudah dimengerti
  8. Berpakaian sendiri tanpa dibantu
  9. Mengancing baju atau pakaian boneka
  10. Menggosok gigi tanpa bantuan