Tips : Cara Alami Hindari Gigitan Nyamuk

Serangga baik itu nyamuk, semut atau kutu, sering menggigit anak-anak dan menyebabkan gangguan pada anak berupa alergi ataupun iritasi kulit. Beberapa nyamuk tertentu seperti Aedes Aegypti bahkan dapat menjadi sumber penularan penyakit demam berdarah yang cukup berbahaya bagi anak anak.

Banyak obat atau losion anti nyamuk yang memang telah tersedia di pasaran. Namun seberapa aman dan seberapa sering produk ini boleh digunakan, tidak pernah kita ketahui. Penggunaan insektisida yang berlebihan untuk pengendalian nyamuk juga tidak dianjurkan, karena sifatnya yang tidak spesifik sehingga akan membunuh berbagai jenis serangga lain yang bermanfaat secara ekologis. Penggunaan insektisida juga akhirnya memunculkan masalah resistensi serangga sehingga mempersulit penanganan di kemudian hari.

Cara yang hingga saat ini masih dianggap paling tepat untuk mengendalikan penyebaran penyakit oleh nyamuk adalah dengan mengendalikan populasi dan penyebaran nyamuk. Program yang sering dikampanyekan di Indonesia adalah 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur.

  1. Menguras bak mandi, untuk memastikan tidak adanya larva nyamuk yang berkembang di dalam air dan tidak ada telur yang melekat pada dinding bak mandi.
  2. Menutup tempat penampungan air sehingga tidak ada nyamuk yang memiliki akses ke tempat itu untuk bertelur.
  3. Mengubur barang bekas sehingga tidak dapat menampung air hujan dan dijadikan tempat nyamuk bertelur.

Selain itu ada beberapa cara alami lain yang dapat Anda lakukan untuk melindungi anak Anda dari gigitan nyamuk :

  1. Gunakan pakaian yang tipis, longgar dan dapat menutupi seluruh badan anak Anda seperti kemeja lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan topi.
  2. Kenakan pakaian berwarna terang, sehingga tidak menarik nyamuk atau serangga. 
  3. Hindari menggunakan sabun beraroma atau produk wewangian lain yang dapat menarik serangga
  4. Hindari bermain di luar rumah pada waktu senja atau malam hari, ketika nyamuk paling sering keluar menggigit
  5. Bersihkan rumah dan lingkungan di sekitar  tempat anak Anda sering bermain agar tidak menjadi sarang nyamuk
  6. Gunakan kelambu di malam hari pada tempat tidur dan kereta bayi Anda.