nutriclub3

Kenali Stimulasi Tepat Sesuai Usia Tahapan Usia Anak
Jumat 24 Oktober 2014 jam 12.00-13.00
bersama dr Vicka Farah Diba Msc SpA

Senang sekali dengan besarnya antusiasme Ibu-ibu dalam berbagai bentuk pertanyaan yang diajukan dalam acara Meet The Expert : Kenali Stimulasi tepat sesuai Usia Tahapan Usia Anak, Jumat 24 Oktober 2014 jam 12.00-13.00, bersama dr Vicka Farah Diba Msc SpA. Namun sayang oleh karena keterbatasan waktu, tidak semua pertanyaan yang masuk dapat dijawab. Namun tentunya Ibu tidak perlu kecewa, silahkan Ibu ajukan pertanyaan mengenai berbagai masalah seputar tumbuh kembang si Kecil di http://www.nutriclub.co.id/our_expert/email_our_experts. Ibu dapat mendiskusikan bersama tim Nutriclub Careline 0800 182 1059 layanan bebas pulsa, 24 jam dan follow twitter di @Nutriclub_ID. Salam.

1. Meriana Puji Krismayanti siang dokter ponakan saya umur 5 th,tapi masih blm bisa bicara,pendengaran tdk ada masalah,stimulasi bagaimana yang tepat untukny? tks
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat sore Ibu Meriana Puji Krismayanti, ada baiknya untuk anak usia 5 tahun yang belum bisa berbicara dibawa ke dokter spesialis anak utk dideteksi penyebab gangguan wicaranya. Sehingga penanganannya akan lebih tepat dan baik. Salam.

2. Lien Selfia Siang dok…. Dok, anak sy laki2 berusia 4 tahun. Agak susah kl d ajak belajar drumah. Alat belajar sdh sy beli bemacam2. Tp msh susah juga. Stimulan apa yg bisa sy berikan agar dya mau belajar n bisa pintar dok? Terimakasih dok
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Lien Selfia, diusia 4 tahun metode belajar yang digunakan harus menyenangkan misalnya berhitung dengan bernyanyi, mengenal warna dengan menggunakan buah-buahan atau ajak si kecil mengenal kekebun binatang untuk mengenal binatang. Selalu berikan pujian saat si kecil berhasil melakukan. salam.
Lien Selfia : Terimakasih dr. Vicka

3. Ayda Maria anak saya 13 bulan … baiknya stimulasi apa yg tepat untuk umurnya?? makaSih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Ayda Maria, usia 13 bulan si Kecil umumnya belajar berjalan, Ibu dapat ajarkan si kecil berjalan di atas rumput, pasir dan tanah. Berikan si kecil kertas dan crayon untuk mencoret-coret, dan menyusun balok. Salam.
Ayda Maria : Anak ku udh bisa berjalan … okh udh boleh mencoret2 ya .. ok ok makasih dokter

4. Izzatul Laili Siang dok .. Anak saya umur 13 bulan, belum bisa bangun ketika berbaring kalau mau jalan dia merasa ketakutan trus berdiri sendiri juga belum bisa, adakah solusi atau cara untuk menstimulasi hal tersebut dok .. Terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Izzatul Laili, perkembangan setiap anak itu berbeda, namun diusia 13 bulan, Ibu bisa berikan stimulasi sesuai tahapan usia si Kecil seperti ajari berjalan dengan mentitah, buatlah ia nyaman dan merasa aman dahulu, selalu dampingi aktifitas si Kecil dan jangan lupa berikan pujian saat ia mampu berdiri dan melangkahkan kakinya. Salam.
Izzatul Laili : terimakasih ya dok ..

5. Purpel Ufaciputra Slamat siang dok, saya mau tanya, kebetulan anak saya sudah berumur 7bulan, dia sedang seneng2nya blajar jalan (pake baby walker), balajar duduk, blajar ngomong sama setiap kali liat barang dia slalu berusaha untuk meraih dan memasukkan ke mulut. pertanyaan saya, bagaimana cara merespon yang baik pada anak saya saat dia berusaha bicara dengan bahasanya sendiri?? karena terkadang saya bingung harus respon apa, jadi mohon infonya ya dok. agar apa yang saya respon terhadapnya jadi positif dan stimulasinya berkembang baik pila. makasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Purpel Ufaciputra, usia 7 bulan memang si Kecil sudah mampu mengeluarkan beberapa suara yang kadang membentuk kata “ma”, “Pa”,” Aah”. Mulailah merespon dengan kalimat yang ringan, contohnya jika ia mengatakan “ma”, Ibu bisa jelaskan,” iya ini mamah”, selalu ulang dan ulangi kata yang ringan” makan, papah, mamah dll” hal ini membuat kosa katanya semakin banyak dan selalu merespon kata yang keluar dari mulutnya karena bisa mendorong si kecil untuk terus membagi perasaannya dengan Ibu. Untuk stimulasi berjalannya dari beberapa penelitian disarankan utk tidak menggunakan baby walker pd anak karena dapat menganggu perkembangan motorik anak. Salam.
Purpel Ufaciputra : oh gt dok?? brarti baby walker tidak disarankan dong dok?? trus bagaimana saya menstimulasi perkembangan motoriknya biar cepat bisa jalan tanpa menggunakan baby walker??

6. Isti Ana El-ihtar Siang dok,,putra sya usia’a 13 bln,,aktif skali..naik2 d meja,berdri d stroller,sambil berpegangan.tp,jika berdiri sndiri, & d tuntun jlan dgn tngan satu..msh takut..bgaimna cara menstimulasi’a agar rasa tkut’a hilang…?
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang ibu Isti Ana El-ihtar, Untuk melatih kemampuan berjalan anak dapat dilatih dgn membimbing anak berjalan dengan berpegangan dan hindari penggunaan baby walker .
Isti Ana El-ihtar : Tks,dok.

7. Dewi Ricko Assalamualaikum dr. vicka..! Sy mw tanya stimulasi apa yg tepat utk anak saya ALIYA 13,5 bulan, blm bs berdiri sendiri (tnpa pegangan) dedek tdk pernah merangkak, bergeraknya dg ngesot. Kosakata pun msh mamah, papah, maem.. Hanya itu saja. Pdhl dulu kakaknya usia 13,5 bulan udh jalan / kosakatanya lebih byk? Apa krn dedek bayi dg resiko alergi itu jd tumbuh kembangnya lbh lambat dr bayi tnpa resiko alergi? Mhon sarannya dokter. Wassalam wr. wb.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : walaikumsalam ibu Dewi Ricko, Alergi pada anak tidak menganggu perkembangan anak. setiap anakmemang mengalami variasi dalam tumuh kembangnya, namun bila masih dalam tahapan sesuai usia tentunya tidak mengkhawatirkan untuk anak usia 1 tahun dapat dilakukan stimulasi seperti menyanyi, menyebutkan bagian tubuhnya, membacakan cerita anak, berjalan dengan berpegangan, berjalan menaiki tangga/undakan
Dewi Ricko : Terimakasih saran dan infonya dokter, sy akan terus mengajaknya bermain/bernyanyi, membaca cerita, berjalan berpegangan, berjalan menaiki undakan, utk optimalkan tumbuh kembang dedek

8. Susan Hidayat Selamat siang bu dokter, saya mau nnya dok, saya punya anak kembar dok, wkt saat melahirkan si kembar ini, usia kandungan saya 34minggu, berat badan kakak.y 1,4kg dan adik nya 1,9kg, sekarang sudah 10 bulan kk.y 8,1kg, adik.y 8,8kg, tp belum bisa duduk dan merangkak dok, tp klo naik baby walker dia aktif sekali sambil lari,teriak2, klo di tidurkan dia pasti gulang guling kemana pun, lalu klo tengkurep pantat nya selalu di angkat, tp belum bisa duduk dan merangkak? Itu normal tidak dok pertumbuhan nya? Stimulasi Apa yang harus saya lakukan?,Terimakasih bu dokter
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : selamat Siang Ibu Susan Hidayat, Penggunaan baby walker memang dapat menggangu perkembangan motorik anak terutama kemampuan berjalan anak, dalam hal ini kekuatan ototnya menjadi kurang baik untuk berjalan, sehingga sebaiknya hindari penggunaan baby walker dan mulai stimulasi anak untuk berjalan dgn melatih anak berjalan dengan berpegangan.

9. Zahra Amir Siang Bu Dokter, Putri saya berusia 9 bulan saat ini masih blm bisa duduk sendiri dan jika diberdirikan kaki nya masih gak mau jejeg juga, apakah itu pertanda bahwa dia nanti bisa jalannya akan lama? dan stimulasi seperti apa agar anak saya cepat berjalan dok
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang Ibu Zahra Amir . Pada usia 9 bulan memang masih fase awal anak belajar berdiri dan berjalan, tetap lakukan stimulasi berjalan dgn berpegangan pada anak dan hindari penggunaan baby walker
Zahra Amir Berdiri aja gak mau bu dokter,, kaki nya masih nekuk terus.. jangan di paksain atau bagaimana ya bu dokter?
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang Ibu Zahra Amir sebaiknya untuk anak ibu, saya sarankan dibawa ke dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih baik karena sulit menentukan kelainan anak dengan wawancara online saja

10. Monasa Rizkiah Siang dok.. Anak saya saat ini usianya 9 bulan, sedang suka bubbling dan saya pun merespon dengan suara2 lucu sehingga anak saya tertawa, hanya saja ada beberapa ada ‘momen hening’ antara saya dan anak, terutama ketika saya sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Apakah ini akan menghambat stimulasi guna perkembangan anak saya? Terima kasih dok..
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Monasa Rizkiah, memang sulit mendampingi si kecil full selama 24jam, saat ibu mengertjakan pekerjaan rumah, berikan anak mainan sebagai media stimulasi baginya seperti bola plastik yang mengelinding. Syarat utama suatu benda dijadikan media stimulasi adalah benda tersebut aman bagi anak. Tentunya ibu juga harus sering sering menengok si kecil untuk memastikan kondisinya aman. Usahakan posisi ibu tetap leluasa melihat si kecil. Salam.

11. Lisa Sari Selamat siang Dokter, saya mempunyai anak laki-laki usia nya 3 tahun 3bulan.Anaknya super aktif dan cerewet bangat. Saking aktif nya dalam beraktivitas terkadang capek pun tidak terasa baginya. Tapi kenapa anak saya kalau dilarang yang membahayakan tetap dilakukan dan stimulasi apakah yang tepat untuk anak seusianya?
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Fitrio Afni, perkembangan motorik adik seperti bicara dipengaruhi oleh frekuensi stimulasi yang diberikan. Ajak adik komunikasi aktif dengan menggunakan bahasa yang baik tidak dicadel-cadelkan, ajak adik bercerita dan berikan kosa kata baru tiap harinya. Salam.

12. Wan Sukmawati Baros Siang Dokter yang cantik, anak ku si Kecil sekarang 14 bulan, sudah mulai bicara ayah dan kakak kakak nya selalu mengajaknya berbicara tapi mereka menggunakan bahasa yang si adik gunakan dicadel cadelkan !! Apakah ini akan menyebabkan si kecil cadel ? sebaiknya bagaimana dok ?
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Wan Sukmawati Baros, si Kecil adalah peniru ulung apa yang didapatkan dari lingkungan sekitarnya. Sebaiknya gunakan bahasa yang benar tanpa dicadelkan, karena dapat membuat si Kecil bingung dengan bahasanya. Salam.

13. Cing Sia Nesia Kartika Hai Dokter Vicka…anakku mau 1 thn tapi sampe skrg dia tdk may mkn buah2an…udh Ku coba semua cara tp ttp tdk mau… Stimulasi APA yg harus saya lakukan dokter…trims
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang ibu Cing Sia Nesia Kartika, Variasikan jenis makanan anak yg mengandung sayur serta buah agar anak mau makan, ajak anak makan bersama keluarga dan beri contoh anak untuk makan sayuran serta buah

14. Dini Widya Saraswati ass,,dok stimulasi apa ???? tepat unk ank usia 2thn keatas,,supaya ank mau berbagi dgn temannya dan mau bersosialisasi,karena ank sy lebih banyak menghabiskan waktu dgn neneknya,sehingga saat ia bermain dgn teman sebaya menjadi lebih agresif dan tidak mau berbagi dengan temannya.terimakasih..
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: usia 2 tahun adalah tahap dimana seorang anak ada pada pemikiran yang masih bersifat egosentris: anak kesulitan untuk melihat dari sudut pandang orang lain, tidak memikirkan perasaan orang lain, sehingga tak jarang Ibu merasa kesulitan membuat ia mau berbagi dengan temannya. Namun seiring dengan bertambahnya usia dan proses pendewasaan kemampuan untuk memahami perspektif orang lain semakin baik. Ibu bisa ajak si Kecil bermain dengan lingkungan sekitar, sesekali ajak ia untuk berkunjung kerumah teman, saudara, dan ajarkan ia memperkenalkan diri. Hal itu sangat membantu agar ia mudah bersosialisasi dan menjadi pribadi dengan citra diri positif. Salam.

15. Reni Mulyani Siang Dok…anaku 17 bulan,ga bs diam mau nya jln2 terus mnjelajah seisi rumah.Di kasih mainan paling tahan sebentar duduk nya langsung jln lagi sambil nenteng mainan yang di suka.yang repot kalo lagi di suapin,masuk meskipun lama sambil mondar mandir &ter cecer ke tiap ruangan.bgimna stimulasi yang tepat untuk ank saya?udh bs ngikutin ucapan sedikit2.ahir2 ini menyusu nya kurang(msih soya) krn alergi prot sapi.d coba sapi agak bnyak minum ny tp alerginy blm sembuh.kulit nya merah2 lagi. Trima kasih.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Reni Mulyani, si kecil ibu berada dalam proses “sang penjelajah”, rasa ingin taunya yang sangat besar membuatnya tidak bisa diam melainkan menjelajah ke seluruh ruangan.Pastikan saja ruangan aman dari benda benda yang dapat membuat anak cedera. Saat makan, cobalah berikan mainan yang dapat membuatnya bertahan duduk, misalnya berikan pensil warna dengan gambar mobil atau gambar yang menarik hatinya, atau ajak menyusun balok, ibu dapat membuat bangunan yang menarik sehingga sikecil juga tertarik membuat bangunan yang sama dari balok balok tersebut sehingga keinginannya untuk berjalan bisa diredam selama makan. Stimulasi yang lain bisa ibu berikan seperti bermain lempar tangkap nola dan bercerita. Salam.

16. Rhenn Susanti siang dok,, anak saya usia 10m,,tapi knapa ya belum bisa rambatan seperti anak yang lain yang seusianya. memang pada dasarnya kemampuan anak itu beda2. apakah stimulasi untuk anak saya agar cepat bisa rambatan? terima kasih dokter
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA,: Selamat siang Ibu Rhenn Susanti, umumnya usia 10 bulan si kecil sudah dapat belajar berjalan dengan rambatan. Berikan saja stimulai sesuai dengan tahapan usianya dengan cara titah si kecil dan berikan mainan yang berwarna cerah ataupun berbunyi agar si kecil termotivasi untuk meraih mainan tersebut dan melangkah sedikit demi sedikit. Salam.

17. Dini Anjani Ass, siang dok Kebetulan putriku usia. 20 bulan susah makan, sudah coba vitamin apapun tetep saja susah makan, tadinya di vonis sakit atrofi, belum bisa jalan dan belum bisa merangkak hanya duduk saja dan mengangkat badan saat tengkurep, sudah pernah di rawat di RS sampe 6x dan di tangani oleh dokter specialis syaraf anak dan specialis infeksi anak serta specialis gizi anak dan sudah pernah ikut fosioterapi juga untuk merangsang motorik kasarnya selama 4 bulan, tapi sampai saat ini masih belum ada perubahan dok dan berat badannya cuma. 7,5kg mohon share dok karna saya sudah bingung harus bagaimana supaya putri saya bisa seperti anak lainnya, terima kasih
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Dini Anjani, atrofi adalah pengecilan atau penyusutan jaringan otot atau jaringan saraf. Atrofi bisa disebabkan karena kuranganya asupan nutrisi gizi seimbang, sirkulasi yang buruk, kehilangan dukungan hormonal pada organ dan hilangnya suplai saraf. Atrofi bisa menjadi salah satu pemicu terlambatnya pertumbuhan dan perkembangan motorik adik. Penuhi asupan nutrisi adik dengan gizi seimbang, lakukan stimulasi jalan dengan dititah terlebih dahulu dan konsultasikan kembali dengan dokter untuk kemajuan pertumbuhan dan perkembangan motorik adik. Salam.

18. Ummi Ashari Dok tips stimulasi pada bayi kan ada banyak salah satunya mendengarkan musik..nah pada umumnya kan ibu2 mungkin bnyak yg mndngarkannya melalui hp, sedangkan hp itu kan ada yg mengatakan sangat bahaya radiasi gelombang elektromagnetiknya apalagi pada bayi..nah itu bgaimana dok? karna saya juga sering mndengarkannya pake hp.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang Ibu Ummi Ashari, stimulasi dengan musik tidak harus dgn hp, dapat juga dilakukan dgn cara ibu menyanyikan lagu untuk anak atau melalui tape agar lebih aman dan baik

19. Tista Mahendra siang dok, anak sy usia 2,5 th suka banget dengan hal yg berhubungan dengan musik, kalau dengar lagu cpt hafal, stimulasi apa yg tepat untuk anak saya, tq
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Tista Mahendra, ibu dapat memberikan stimulasi melalui nyanyi bersama atau meminta adik menyanyi didepan ayah ibu dan keluarga yang lain, bisa juga diberikan mainan yang relevan dengan kesukaannya seperti mikrophon untuk bernyanyi, mainan piano, dan lain lain. Salam.

20. Juwita Mada Siang dokter, anak sya yasmine tgl 8 november nnt 1,4 th. Sampai saat ini blm bisa berjalan, pdhal rambatan nya sudah dr usia 10bln. Setiap saya berdiri kan selalu saja turun lagi buat merangkak… sya sampai pusing dan sedih. Byk yg blg kok blm bisa jalan juga usia segitu. Apa ada kaitannya dgn ank sya yg susah sekali makan ya dok, hanya makanan tertentu yg mau dia makan… sampai ke spesialis anak dksh vitamin ttp aja ga mau makan… minum madu juga ttp susah.. ap ada kaitannya dgn keterlambatan berjlan dgn kurangnya asupan makanan ank sya ya dok.. terima kasih dokter…
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA,: Selamat siang Ibu Juwita Mada, agar si kecil cepat belajar berjalan berikan saja stimulasi sesuai dengan tahapan usia si kecil saat ini dan juga berikan semangat untuk belajar berjalan dengan cara titah si kecil, berikan pujian dan pelukan hangat dapat merasang untuk kepercayaan diri dan rasa nyaman untuk si kecil. Selain itu juga dapat bantu asupan makanan yang banyak mengandung kalsium seperti kaldu ceker, sayur brokoli yang baik untuk kekuatan otot si kecil. Salam.

21. Lely Krsm siang dokter, putri saya umur 2th, sudah lancar berbicara malah hafal beberapa lagu dalam bahasa Inggris. yang ingin saya tanyakan, apa baik membiarkan putri saya terlalu lama menonton acara kesukaannya, meskipun itu bisa menambah kosakata dia. terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Lely Krsm, tontonan televisi padadasarnya bisa memberikan efek positif dan negatif pada perkembangan anak, tergantung bagaimana Ibu bisa bijak memberikan informasi dan dampingan. Berdasarkan rekomendasi AAP, penggunaan screen time (media elektronik,tv dan video game) pd anak di atas usia 2 tahun maksimal hanya 2 jam sehari saja untuk usia < 5 tahun Jika dilihat dari segi neurofisiologis masih dalam taraf perkembangan. Perkembangan otak anak akan lebih optimal jika anak diberi rangsangan sensorik secara langsung seperti meraba benda, mendengar suara, berinteraksi dengan orang. Salam.

22. Meksi Simatupang Siang Dok@..baby sy skrng usia 5 bln,dari lahir hanya minum nutri baby royal,tanpa ASI,,baby sy begtu sangat aktif, baik budi, tdk rewel an tdk cengen,boboknya ga perlu di ayun atapun di gendong,,lucu bangat baby sya..dibbandingkan baby para tetangga jauh bedaya bayi mereka sangat rewel terkadang maminya sstres saking rewelnya baby mereka padahal mereka semua minum ASI..?ª?? ingin saya tanyakan dok knpa y baby sya sebaik itu apa karna menggunakan produck nutri?? Sekarang baby Q uda belajar merangkap msh usia 5 bln 3 hari.° • • •? ??ä?? ?öü •? • • °
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Meksi Simatupang, turut senang dengan perkembangan si Kecil yang sangat bagus, menangis merupakan cara si Kecil berkomunikasi, seperti lapar, popoknya basah atau karena sakit dll. Jadi jika si Kecil ibu tidak rewel atau jarang menangis itu karena semua kebutuhannya sudah ibu penuhi dengan baik. Berikan stimulasi sesuai dengan tahapan usia si Kecil, semoga bertambah pintar. Salam.

23. Umi Eli siang dok..putri saya skrng 1thn 5bln udah bisa jln dr usian 11bln anaknya pemberani sudah bisa naik sepeda sendiri,lari2,jongkok.anaknya cukup aktif skrng lg seneng nonton musik anak2.stimulasi apa yg harus saya berikan agar lebih optimal lg?terima kasih sblumnya..
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Umi Eli, usia 1 tahun lebih merupakan usia adik yang penuh dengan rasa ingin tahu. Ajak adik menggambar, mewarnai, bernyanyi dan berikan pujian bila adik berhasil melakukan hal positif. Salam.

24. Olieve Indri Leksmana II Siang, dr, bagaimana cara mengembangkan kecerdasan multitalenta pada anak saya, selama ini setahu saya anak saya, Fergio, 3 th 6 bulan cukup menonjol di bidang kecerdasan bahasa, dia sudah mengerti dan bicara dg kalimat yang memakai kata “walaupun”, “jika”, “sehingga” dll dengan tepat. Apakah kecerdasan bahasa ini yang harus saya kembangkan dengan tekun atau kecerdasan bidang lainnya juga? Bagaimana cara stimulasinya? Umur berapa sih, biasanya bakat kecerdasan anak itu muncul, apakah bisa tampak di usia yg masih begitu muda 3,5 tahun? Apakah stimulasi dengan gadget (misal CD edukasi yang dijual di Gramedia, contohnya Edu Games) cukup baik? Terimakasih.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang ibu Olieve Indri Leksmana II , untuk anak usia diatas 2 tahun penggunan media elektronik seperti tv, video game dibatasi hanya 2 jam saja, selebihnya untuk meningkatkan tumbuh kembang anak, persering kontak antara anak dgn orangtua seperti bermain bersama, permainan edukatif. kecerdasan multipel pada anak dapat ditumbuhkan dengan stimulasi sesuai usianya

25. Nining Widyaningsih anak sy sekrg sdh 8 bulan 20 hari dy juga sdh bisa berdiri berpegangan sendiri..n bisa duduk sendiri dr berdiri..yg sy mau tanyakan bagaimana ya cara stimulasi anak agar bisa berdiri tanpa berpegangan dan berjalan
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA,: Selamat siang Ibu Nining Widyaningsih, umumnya di usia 8 bulan 20 hari si kecil sudah mulai belajar berjalan dengan cara rembetan atau berpegangan pada suatu benda, Berikan stimulasi agar cepat belajar berjalan dengan cara di titah dengan 1 jari jika kesimbangan tubuh si kecil sudah mulai seimbang. Salam.

26. Dewi Sita siang dokter…, anak saya raisha usia nya 11bln, skrg dia sdh bisa merangkak , berdiri dg berpegangan, dorong2 kursi dan meja,ngomong nya sedikit2 juga sdh mulai jelas kya maaa…pa…nenen… tapi anak saya blm bisa berdiri sendiri tanpa pegangan, stimulasi apa dokter yg harus sya berikan di usia nya yg 11bln ini?agar anak saya kemampuan nya bisa berkembang sesuai usia nya.., dan bisa cepat jalan… trmksh dokter untuk penjelasan nya..
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Dewi Sita, tumbuh kembang adik berbeda dan unik. Tetap lakukan stimulasi dorong kursi, biarkan adik berjalan merambat dinding dan penuhi asupan nutrisi kaya kalsium dengan pemberian sayur brokoli, keju dan kacang kedelai untuk perkembangan berjalan optimal. Salam.

27. Olis Mulia Siang dok, anak sya umur 2th 5 bln klo dia ngambek / marah / sya larang maen yg di maen misalkan gunting kuku ato pa anak sya selalu maen pukul, & anak saya jg senang mengigit kerah baju,gmana solusinya n bgmn cara menanggapi anak seusianya ya dok? Terima kasih.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Olis Mulia, ngambek adalah ekspresi emosi ketidakpuasan terhadap sesuatu. Namun Ibu jangan terburu-buru menyalahkan si Kecil, tetaplah bersikap tenang, pahami sikap si Kecil, hampiri dan peluk si Kecil dan tanyakan perasaannya, ajak komunikasi dengan baik. Salam.

28. Ernawati Sugandi siang Bu. Dokter stimulasi apa yang cocok diberikan agar anak cepat berjalan
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Ernawati Sugandi, berjalan umumnya bisa dilakukan saat usia si Kecil 12 bulan, mulailah memberikan stimulasi mulai dari segi nutrisi, makanan kaya kalsium seperti sayuran hijau (brokoli), ikan dan keju, stimulasi fisik seperti titah si Kecil untuk membantu ia mulai berani melangkah, selalu berikan pujian saat ia mampu melakukan sesuatu karena sangat baik untuk kepercayaan dirinya. Salam.

29. Winda Hadiyanti : Siang dr. Vicka…saya seorang ibu dari putri saya yang berusia 22 bulan… Stimulasi seperti apa saja yang paling tepat untuk anak saya di usia sekarang? saya biasanya mengajarinya berhitung, menunjukkan anggota badan, memegang pensil…adakah selain itu dok, utk melatih kecerdasannya? trims
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Winda Hadiyanti, stimulasi yang dapat diberikan pada putri ibu adalah stimulasi yg dapat merangsang perkembangan kedua otaknya dan motorik anak seperti bermain lempar tangkap bola, mencocokkan bentuk, membaca dan bercerita juga menyusun balok. Salam.

30. Onih Yuliani siang dok. rakha usiany 4,5 thn dy sdh msk TK A gmna caranya menstimulus agar dy ?äª terlalu manja dan pemalu u/ menjawab pertanyaan2 gr2nya ketika berada di kelasnya. padahal sbnrnya dy bs
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Onih Yuliani, sifat dan karakter adik bisa terbentuk dengan pola latihan dan stimulasi yang diberikan. Biarkan adik bermain dan belajar di sekolah sendiri tanpa ditemani orangtua, ajak adik bermain bersama teman-temannya dan berikan contoh menjawab pertanyaan guru. Salam.

31. Mutia Anisa Siang dok…..anak saya abizar skrg umur 1.4 dia berjalan agak leter 0 tp apakah sampai besar y dok,faktor penyebabnya kira2 apa?apa terlalu sering menggunakan pampers dan stimulasi apa yg cocok untuk anak saya dan juga vitamin apa yg menguatkan tulang. Terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Mutia Anisa, belum ada penelitian mengenai penggunaan diapers dapat mengganggu cara jalan si Kecil, pastikan penggunaan sesuai dengan kenyamanan si Kecil. Ibu dapat lakukan stimulasi dengan memberikan contoh cara jalan yang benar. Penuhi asupan kalsium si Kecil untuk kepadatan tulang seperti keju, susu, brokoli. Dan untuk mamastikan kondisi si kecil, Ibu dapat konsultasikan ke dokter. Salam.

32. Irma Nahrowi siang dok,, aira 5bln bb7kg..saya mau tanya dok, anak saya umur 5 bln dan tidak minum ASI. udah umur sgini tpi belom mau miring dan tengkurep,kecuali kalau kita bantu baru mau.trus belum mau menggapai mainan yg saya berikan. apa itu termasuk lambat atau normal.trus bagaimana cara menstimulasinya dok? terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Irma Nahrowi, berat badan ideal usia 5bulan adalah 5,2-8.2kg, putri ibu termasuk dalam berat ideal. Secara umum anak usia 5 bulan sudah bisa tengkurap sendiri, berikan stimulasi seperti mainan yang menarik sehingga si kecil tertarik untuk membalikkan tubuhnya menggapai mainan tersebut. Jika si kecil sudah bisa menegakkan kepalanya saat tengkurap, artinya tulang dan ototnya sudah cukup kuat, maka biarkan si kecil lebih lama dalam posisi tengkurap, jangan buru buru dibalikka. Lakukan ini lebih sering, jika anak sudah nyaman dengan posisi tengkurap, nanti dengan sendirinya si kecil akan berusaha untuk tengkurap sendiri tanpa dibantu. Salam.

33. Yuni Artanti siang dok, anak saya umur 2 th 5 bl,permainan apa yg cocok untuk menstimulus anak saya?Brapa umur yg cocok anak untuk skolah?klo misalnya th dpan (3th) anak saya saya sekolahkan play group idealkah? soalnya saya pernah dengar usia ideal masuk SD 7 th soale emosi anaknya relatif stabil, terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA,: Selamat siang Ibu Yuni Artanti, untuk stimulasi usia 2 tahun 5 bulan dapat di berikan dengan cara ajari berpakaian sendiri, menggambar, mewarnai dan bacakan buku cerita. Usia ideal untuk sekolah play group sebaiknya di sesuiakan dengan kenyamanan, minat dan kemauan si kecil dalam melakukan kegiatan sekolah tersebut. Salam.

34. Ana Simatupang siang dr. anak saya usia 3th 4bln pernah mengalami stuip pd usia 7,5bln hingga kini blm bs berdiri dan berjln.merasa takut jatuh dan rasa takut sangat besar terhadap apa pun yg dilihat. stimulasi apa kira2 dr yg bs diberikan agar rasa takutnya bisa hilang? dan anak saya bs dan berani berdiri sendiri tanpa bantuan.trimakasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Ana Simatupang, mengingat usia adik saat ini, secara umumnya anak bisa berjalan usia 12-18 apabila si kecil memang pernah mengalami step atau kejang, sebaikny juga dikonsultasikan ke dokter untuk mendeteksi apakah kejang pada si kecil berhubungan dengan gangguan perkembangan si kecil. Namun tetap Ibu lakukan stimulasi seperti berikan kursi yang dapat didorong, titah si kecil diluar rumah seperti taman dan penuhi asupan nutrisinya. Salam.

35. Ayu Sita Esthi siang dokter, anak saya berumur 5 bln , apa sudahboleh dikasi vitamin untuk pertumbuhan otak nya ? apa sudah boleh dikasih prolakta with DHA for baby ? stimulasi apa yang baik untuk perkembangan anak usia 2 thn 7 bln dan anak umur 5 bln ?
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Ayu Sita Esthi, stimulasi memang sangat penting saat golden period. Stimulasi untuk perkembangan otak misalnya dengan mengajaknya berkomunikasi, melakukan pijatan, memberikan pelukan dll. Untuk pemberian suplemen tambahan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Salam.

36. Norma Ardiani siang dokter. stimulasi apa yang cocok untuk babyq yang masih umur 2 bulan agar nantinya bsa tumbuh menjadi anak yng cerdas dan mmpunyai IQ n EQ yang tinggi, ({})????K?§Ã®Ã®Ã®Ã®Ã®???({})
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Norma Ardiani, untuk anak usia 2 bulan ibu dapat memberikan stimulasi seperti mengajak si kecil bicara dengan bahasa sederhana, bersenandung saat si kecil mau tidur dan lebih sering memeluk atau menciumnya. Sentuhan kelembutan dari ibu akan menentramkan anak sehingga tumbuh kembangnya akan maksimal, tentunya dengan pemberian ASI ekslusif juga ya Bu. Salam.

37. Dewi Purwanti Siang dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA, anak saya yang pertama usianya 3 thn, sejak usianya 2,5th sdh msk PAUD. Semenjak sekolah dia lebih senang main di luar rumah bersama tmn sebayanya. Sesekalinya betah di rmh bila saya setelkan musik kesukaan lalu dia bernyanyi nyanyi… kalau saya kasih kegiatan mewarnai, baca dongeng, main puzzle itu cuma sebentar antengnya, tp klo di ksh main gudget bs lbh lama. Stimulasi apa ya dok yg tepat saya berikan di rmh agar ia betah dan mampu mendukung pertumbuhan serta perkembangannya? trims dok..
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Dewi Purwanti, usia 1 tahun lebih adik penuh dengan rasa ingin tahu dan mengeksplorasi hal baru yang ada di sekitarnya. Untuk anak usia dibawah tahun tidak diperbolehkan menggunakan permainan elektronik seperti tv dan video game, anak memang akan mengalami kecenderungan adiksi (ketagihan) sebaiknya beri anak permainan edukatif seperti bermain balok atau memasangkan gambar serta membaca, mewarnai dan bercerita untuk memaksimalkan perkembangannya. Salam.

38. Silvia Astuti siang dokter..anak saya 4,5th.dr kecil sangat super aktif g bs diem anakny.tp otakny sgt cerdas skali.umur 2th uda mnt skolah dan cpt bgt nangkap pelajaranny..tp anakny g mau diajak belajar dgn serius.tp smua pljaran cepet skali diterima.skrg anak saya uda TK B pdhl usiany br 4,5th.uda lancar baca tulis berhitungnya.kt gurunya suka bgt jln2 dkls,waktu gurunya ngajar dkls anak sy malah jln2 semauny sndiri tp stlh ditanya dia bs jawab smuanya..jd meskipun tdk memperhatikan tp telinganya mendengarkan..yg mau saya tanyakan gmna cara mendidik anak saya yg model anak ny semaunya sendiri dok?stimulasi apa yg tepat untuk anak saya ini dok?makasih dokter
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Silvia Astuti, stimulasi yang dapat Ibu lakukan diusia si kecil saat ini agar kemampuan dan keterampilan motorik halus serta kasar kian berkembang, si kecil bisa diberikan stimulasi dengan mencontohkan berjalan atau berlari zigzag, mundur untuk mengembangkan otak kanan, melompat dengan dua kaki ke berbagai arah, menendang bola dengan kaki kanan atau kiri ke berbagai arah, melempar bola ke berbagai arah dengan bola sedang sampai kecil, melempar bola ke sasaran seperti huruf, angka, atau gambar, menangkap bola dari berbagai arah, bermain bulutangkis, mencoret-coret berbagai bentuk geometri untuk mengembangkan otak kiri dan kanan, serta menggerakkan kedua tangan dan kaki dengan memukul drum mainan. Salam

39. Stey William Slmtt siang dokter… putra saya 15 bln,,,dia tdk suka bermain mainan anak….mainan nya bosan smua,,ttpi sringkali dia suka mainan yg aneh2 sprti tongkat,kuas cat,obeng,palu,sapu lantai,dll(pokoknya mainan yg tdk sesuai dgn usianya) lalu bagaimana cara sy memberikan stimulasi kpd anak saya yg tepat sesuai dgn usia n kegemarannya yg suka bermain aneh2… trimakasih dokter
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Stey William, syarat utama sebuah benda sebagai media stimulasi adalah aman, hindari benda-benda yang dapata membahayakan seperti obeng, palu. Sikecil memang gampang bosan,pada saat bosan bermain misalnya mobil mobilan Ibu dapat ganti dengan puzzle, lempar tangkap, menyusun balok, dll. Salam.

40. Rani Aliefa Siang dok, stimulasi apa yang diberikan jika memiliki anak tuna rungu. keponakan ku saat ini sudah 3 thn lbih sudah ke dokter idikasi dokter memiliki kelainan seperti tuna rungu karena sampai saat ini belum bisa dapat berbicara dan apakah jika sudha besar akan sembuh dgn sendirinya. Mohon dibantu yang dok terima kasih atas infonya.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Rani Aliefa, tunarungu adalah keadaan dimana seseorang kehilangan pendengarannya yang mengakibatkan ia tidak dapat menangkap berbagai rangsangan melalui indera pendengarannya. Intervensi terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu perlu dilakukan melalui pelaksanaan pembelajaran membaca dengan metode yang tepat agar pemrosesan informasi dapat berjalan dengan baik. Salam.

41. Amalia Rosalin siang dok, anak saya umurnya 3th. anaknya sangat pemalu, saya ingin dia bisa aktif dan dapat berinteraksi sama teman2 sebayanya. jadi saya mengajaknya senam yang saya ambil dari Youtube untuk anak2 seusia dia, maksud tujuan saya untuk melatih otak kecil dan otak besaknya. agar dia bisa aktif dalam segala hal dan menghilangkan sifat pemalunya. yang mau saya tanyakan apakah stimulasi senam yang saya ajarkan atau saya berikan untuk anak saya sudah baik? apakah sudah betul cara yang saya pakai untuk menstimulasi anak saya? kalau salah, adakah cara untuk menstimulasi anak2 agar aktif? terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Amalia Rosalin . stimulasi yang ibu lakukan sudah baik, biasakan juga untuk mengajak anak bersosialisasi seperti menyapa tetangga, dibawa ke acara keluarga. Malu bisa disebabkan karena anak merasa asing dengan lingkungan dan orang orang yang baru dia kenal, secara bertahap minta anak mau bernyanyi/menari/senam di depan ibu dan ayah, lalu didepan nenek kakek, meningkat ke acara keluarga besar atau lingkungan tetangga. Beri kesempatan namun jangan dipaksakan jika anak terlihat keberatan. Untuk melatih agar anak aktif bergerak bisa juga dengan main lempar tangkap bola atau ajak sikecil berenang. Salam

42. Lia Mingg Siang Dok_ anak sya skrang b’usia 6bln,,nah skrang dia mulai mengangkat” bokong’y dan brgerak maju.. Apakah anak sya sbntar lg sdah bsa merangkak Dok?? Lalu stimulasi apa yg sharus’y sya berikan pda anak sya agar anak sya terampil meguasai gerak anggota tubuh’nya?? Dan skrang karna anak sya sdah 6bln,sya mulai mmperkenalkan pda MPASI,,stimulasi apa ya Dok yg harus sya berikan agar anak sya mau makan dgn lapah?? Trimakasih Dokter,,salam..
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Lia Mingg, agar si kecil bisa merangkak Ibu dapat memberikan stimulasi berupa mainan yang berwarna cerah dan berbunyi seperti bola, boneka di hadapan si kecil, sering tengkurapkan agar termotivasi untuk belajar merangkaknya. Ibu dapat perkenalkan Mpasi tepat usia si Kecil 6 bulan di usia tersebut sistem pencernaan sudah mulai sempurna dapat di perkenalkan dengan sari buah terlebih dahulu denagn jeruk, pepaya dan alpukat di pastikan saja dengan tektur yang encer dan lembut sekali. Salam.

43. Mayang Kirana Adiayu Assalamu’alaykum, selamat siang dokter vicka. Putri saya usia 7 bulan, gusinya sudah mulai bengkak tanda gigi sdh mau tumbuh. Stimulasi apa yg bisa sy berikan agar giginya bisa segera tumbuh. Lalu permainan apa yang baik untuk membantu tumbuh kembang motoriknya? Tks, wass
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Mayang Kirana Adiayu, berikan teether untuk stimulasi pertumbuhan gigi serta penuhi juga asupan nutrisi kalsium adik dengan pemberian sayur brokoli. Stimulasi motorik yang bisa diberikan antara lain ajarkan adik memegang benda kecil dengan 2 jari, ajari memegang dan memakan biskuit dan ajari duduk. Salam.

44. E’en Inugh Uno selamat siang dr. Vicka,,saya mau tanya, anak saya Adiva baru umur 6 bulan dok, nah kegiatan apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk merangsang kecerdasan anak mulai usia dini..terimakasih dok.mohon sarannya.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA. Selamat Siang Ibu E’en Inugh Uno, diusia 6 bulan Ibu bisa mulai meningkatkan stimulasi, dengan cara melatih tangan si kecil bersalaman, berikan maianan yang bisa digenggam, ajarkan duduk dan penting juga bagi Ibu untuk mulai membiasakan diri membacakan dongeng untuk si kecil sebelum tidur. Salam.

45. Azalia Zahwa Aisyahra Bagaimana cara memaksimalkan stimulasi tumbuh kembang seorang anak, agar perkembangan seorang anak itu lebih baik / sesuai dengan yg diharapkan. Terima kasih.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Azalia Zahwa Aisyahra, agar tumbuh kembang anak maksimal, selain faktor keseimbangan nutrisi berikan juga stimulasi yang tepat sesuai tahapan usia si kecil. Berikan stimulasi yang dapat merangsang perkembangan kedua otaknya dan juga kemampuan motoriknya seperti bermain lempar tangkap bola, mencocokkan bentuk, membaca dan bercerita. Dampingi anak agar proses stimulasi berlangsung optimal. salam.

46. Munggaran Alfatih Z Dear Dr. Vicka, normalkah jika anak usia 2 tahun belum pandai berjalan? tapi kemampuan berbicaranya sudah fasih, selain di titah berjalan stimulasi apalagi yang sebaiknya dilakukan orang tua?, adakah hubungannya antara nutrisi anak dengan kemampuan motorik ia berjalan? soalnya makannya sulit sekali, terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Munggaran Alfatih Z, umumnya usia 2 tahun si kecil sudah bisa berjalan. berikan saja stimulasi secara terus menerus sesuai dengan tumbuh kembang si kecil saat ini. Dapat di lakukan dengan cara berikan mainan yang bergambar menarik , warna yang cerah di hadapan si kecil agar termotivasi untuk meraihnya dan berjalan selangkah demi selangkah. Selain itu asupan nutrisinya juga harus di penuhi bisa perbanyak makanan yang banyak mengandung kalsium seperti sayur brokoli, kaldu ceker, keju dan kacang-kacangan karena baik untuk kekuatan otot kaki si kecil yang sedang aktif untuk belajar berjalannya. Salam.

47. Dwi Kartikaningsih Siang dok… Anak sy 3th, stimulasi apa yg harus saya berikan agar anak saya konsentrasi dlm bljarnya?
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Dwi Kartikaningsih, usia 3 tahun merupakan usia adik penuh dengan rasa ingin tahu. Banyak hal yang mempengaruhi konsentrasi belajar adik seperti kurangnya asupan nutrisi minyak ikan dan asam linoleat, kurangnya stimulasi yang diberikan dan proses adaptasi. Penuhi asupan nutrisi minyak ikan dan asam linoleat dengan konsumsi ikan dan belut dan berikan adik mainan puzzle atau bongkar pasang untuk stimulasi ketelitian, ketangkasan dan daya ingat adik. Salam.

48. Tie As As siang dr. Vicka.. anak saya skrg berumur 2,5 tahun sudah bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas dan senang bermain Game di TAB/HP apakah memperkenalkan sikecil pada HP bagus untuk kecerdasan nya?stimulasi apa yg sudah bisa diajarkan kepada sikecil agar tumbuh menjadi anak yang cerdas.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Tie As As, diusia < 5 tahun pada dasarnya gadget hanya berfungsi sebagai sarana pembelajaran yang berbeda, sehingga perlu sikap yang bijak sebaiknya hindari penggunaan screen time (media elektronik, tv dan video game) pd anak dibawah usia 2 tahun dan batasi penggunaan media elektronik hanya dua jam saja utk anak di ats usia 2 tahun. perbanyak permainan edukatif utk anak dan kontak dgn orgtua seperti bermain bersama dan berceritaserta membaca buku Jika dilihat dari segi neurofisiologis, otak anak berusia di bawah 5 tahun masih dalam taraf perkembangan. Perkembangan otak anak akan lebih optimal jika anak diberi rangsangan sensorik secara langsung seperti meraba benda, mendengar suara, berinteraksi dengan orang. Salam.

49. Nita Alika Siang Dr. Vicka Farah, anak sy berusia 2th 9bln. aktif sekali tapi nafsu makannya selalu timbul sore hari . yg sy tanyakan bagaimana menstimulasi anak sy agar terpenuhi gizi. karena pola makan yg tdk bisa teratur. terima kasih.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Nita Alika, mulailah dengan mengatur menu gizi seimbang antara kebutuhan makro (karbohidrat, protein dan lemak) serta mikro (vitamin dan mineral) serta secara bertahap ciptakan pola makan dengan ritme yang teratur. Misalnya dengan membiasakan sarapan di pagi hari, kasih jarak antara minum susu dengan jadwal makan cemilan atau jadwal makan siangnya. Sehingga metabolisme tubuh anak juga menjadi teratur. Di suai ini anak perlu makan 3kali perhari serta 2kali jadwal cemilan sehat.Salam.

50. Fifie Joekarman salam dr.vicka,,saat anak sy umur 4.5bulan. bagaimana agar stimulasi tidak menimbulkan kebosanan pd anak dan seberapa besar pengaruh stimulasi yg diberikan sejak bayi thp kecerdasan otak anak? mohon tips agar stimulasi dpt diberikan scra seimbang. trimakasih dok
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Fifie Joekarman, tumbuh kembang otak yang optimal dipengaruhi oleh faktor genetik, asupan gizi serta stimulasi lingkungan. Untuk sikecil usia 4,5bulan jadwal tidurnya masih sangat banyak sehingga stimulasi yang diberikan tidak perlu terlalu lama. Jika anak terlihat bosan artinya dia mulai lelah, segera hentikan stimulasi jika anak terlihat lelah. Mengajak anak bicara dengan bahasa sederhana serta menunjukkan wajah ibu yang riang juga merupakan stimulasi ya Bu. Salam
Fifie Joekarman : salam dr.vicka

51. Sri Lestari Sblmnya mw mengucapkan selamat hari dokter Indonesia,siang dok sy sri 27thn,putri sy alya 15bln,stimulasi apa yg harus dberikan agar dia berani berjalan,slama ni dia brNi berjalan klo ddlm rmh sajA,klo dluar dia jalan tp msh berpegangan pd tangan saya,klo dlepaskan dia menangis,trima kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selama siang Ibu Sri Lestari, berikan stimulasi sesuai dengan tumbuh kembang si kecil saat ini dengan cara ciptakan lingkungan senyaman mungkin, berikan tepuk tangan, pelukan hangat dapat memberikan rasa nyaman dan percaya diri si kecil pada saat belajar berjalan. Saat ini si kecil juga masih butuh waktu beradaptasi untuk lingkungan di luar rumah. Salam.

52. Aini Yuniati Selamat siang dokter :)Dok, putra saya skrng usia 1 tahun sdh bs berjalan namun untuk berbicara blm terlalu jelas dimengerti, saya sering sekali menstimulasinya dgn berbagai cara, yg ingin sya tanyakan usia brp kah d katakan anak terlambat bicara? Dan sebaiknya kpn dilakukan terapi wicara? Trimakasih sebelumnya
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : siang ibu Aini Yuniati, Bilausia 2 tahun anak belum bisa bicara, maka anak dinyatakan terlambat bicara, terapi wicara dilakukan apabila terdeteksi gangguan bicara pd anak. tetapi tentunya agar tidak terjadi keterlambatan penanganan, sesuaikan perkembangan bahasa anak dgn usianya dan selalu lakukan stimulasi perkembangan anak sesuai usia

53. Magda Lena Siang dok. Anak saya 19 bulan. Sudah bisa berjalan dan kadang berlari, utk bicara sdh pandai mengikuti perkataan org lain, membalas pertanyaan. Kadang bisa menggunaka 2 kata sederhana menjadi kalimat, stimulus apa yg dpt memperlancar bicaranya. Pertanyaan di luar topik. Knapa anak sy kadang bernafas menggunakan mulut. Walau tidak sedang bermain.perlu kah saya bawa ke dr tht, saat ini anak sy menggunakan nutrilon royal 3,thx
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang Ibu Magda Lena, untuk anak usia 2 tahun agar kemampuan bicaranya baik, ibu dapat membacakan cerita untuk anak, mengajak anak melihat buku bergambar dan hidari penggunaan media elektronik seperti tv dan game. anak sering bernafas lewat mulut dapat disebabkan karena sedang menderita flu, bila menganggu sebaiknya bawa anakke dokter anak terlebih dahulu untuk diketahui penyebabnya

54. Tasya Putri Siang dokter vika farah diba ,MsC,SpA Ass….dok saya mau bertanya anak saya usia 2 tahun… Yang ingin saya tanyakan, Bagaimana cara menstimulasi otak kiri dan otak kanan dok?? Trimakasih dan Selamat hari dokter nasional
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: Selamat siang Ibu Tasya Putri. Melatih keseimbangan kerja otak kiri dan kanan dapat Ibu lakukan dengan bermain seperti lempar tangkap, berenang, berlari dan beberapa aktifitas yang melibatkan sistem motorik. Menyusun balok, puzzle atau Ajari mencoret-coret di kertas. Dengan memberikan latihan atau stimulasi seperti ini setiap hari, maka otak si Kecil dapat berkembang lebih baik. Salam.

55. Juwita Asharina Selamat siang dr. Vicka.. anak saya usia 2 tahun, sangat aktif bermain dan cenderung menyukai kegiatan fisik. Bahkan jika diberikan mainan sering dihancurkan atau dipreteli. Rasa penasaran yg tinggi membuatnya bosan dan ingin mencoba hal2 baru. Yg mau saya tanyakan mainan seperti apa yg baik dan tidak berbahaya (aman) untuknya?
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Juwita Asharina, usia 2 tahun umumnya adik penuh dengan rasa ingin tahu dan mengeksplorasi hal baru yang ada di sekitarnya. Pada usia 2 tahun dapat diberikan mainan edukatif seperti permainan balok, membaca buku cerita dan bergambar serta hindari penggunaan media elektronik seperti tv dan video game. Salam.

56. Rieka Rahmalia Siang Dok,,jagoan sya umur 4,5thn,anak’y pintar n super aktif, ada salah satu yg sya bikin heran,stiap di tanya kadang jawab kadang gak (fokus’y kemana2), apa karena anak’y aktif ato gmn ya dok?? Disekolah kadang ga ikutan gabung sama tmn2’y,tp apa yg diucap guru’y dia denger. Anak’y byk bertanya dok,kadang2 pertanyaan yg sama dia tanya kembali..(Kya sedang apa,mau apa,knp,untuk apa). Tahap pertumbuhannya seperti anak yg lainnya dari tengkurap sampai berjalan,beda’y memang pas merangkak’y aga lama Dok,,apa berpengaruh terhadap tumbuh kembang’y ya dok?? Stimulasi apa yg dapat merangsang pertumbuhannya agar lebih optimal ya dok! Mohon jawabannya,,Terimakasih…
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Siang Ibu Rieka Rahmalia, bila tumbuh kembang anak saat ini sesuai usia, keterlambatan satu fase seperti merangkak tidak menganggu tumbuh kembangnya. anak usia 4 tahun memang dalam fase serba ingin tahu, ajak anak untuk bermain bersama teman temannya agar kemampuan sosial anak lebih optimal.

57. Ani Chudria Selama siang bu vicka, Mainan edukasi apa yg bs saya berikan untuk menstimulasi kecerdasan anak saya yg berumur 2tahun 10bulan?
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA: selamat siang ibu Ani Chudria untuk merangsang perkembangan otak anak usia 2 tahun dapat diberikan mainan yg bisa menstimulasi kedua bagian otaknya serta merangsang motoriknya seperti, bermain menyusun balok, mencocokkan bentuk, bermain lempar tangkap bola dan berenang .

58. Amelia Septhi Prayoga Selamat siang dr.Vicka..sy Amelia ibu dr Fatwa (2 tahun),yg ingin sy tanyakan adalah stimulasi apa yg cocok untuk diberikan kepada Fatwa?terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc : Siang Ibu Amelia Septhi Prayoga, Stimulasi yg diberikan pada anak usia 2 tahun adalah stimulasi yang dapat merangsang perkembangan kedua otaknya dan motorik anak seperti bermain lempar tangkap bola, mencocokkan bentuk, membaca dan bercerita.

59. Imelda Ariana siang dok,benarkah anak yg tdk melewati fase merangkak nntinya akan berpengaruh pd tumbuh kembang selanjutnya?krn ada yg bilang bila tdk melewati fase ini nntinya anak akan sulit konsentrasi dan tulisannya jelek,benarkah?mhn jawabannya trm kasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang ibu Imelda Ariana, tidak semua anak melewati fase merangkak dalam tumbuh kembangnya, sehingga ibu tidak perlu khawatir. Tetap amati tumbuh kembang anak saat ini dan stimulasi anak sesuai usia

60. Desrini Desy Assalamu’alaikum Dok, Putri saya usia 2thn 4bln. Dia senang sekali menyanyi dan menari. Apakah itu termasuk bakat? Kemudian dia pernah jatuh mengenai kepalanya, apakah dpt mempengaruhi otaknya? Stimulasi apa saja, yang diberikan untuk anak se usia nya? Mohon penjelasan nya dan terima kasih.
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Desrini Desy, bakat yang muncul pada adik umumnya bermula dari kegiatan yang sering dilakukan dan disenangi adik. Benturan ringan di kepala kadang tidak menganggu perkembangan anak. Stimulasi yang bisa diberikan di usia 2 tahun 4 bulan antara lain ajarkan adik potty training, ajak menggambar dan mewarnai. Salam.

61. Novie Ria siang dokter,putra saya usia hampir 14 bulan,slama ini dia berjalan max 3langkah dgn sangaat hati2 kemudian lanjut merangkak kembali.saya sudah coba menstimulasi untuk menarik perhatian dia dgn mainan agar dia berjalan ke arah saya,tp sepertinya dia ini agak takut2 untuk jatuh,karna selama ini jatuh sedikit saja dia akan takut untuk berjalan kembali.apa yg harus saya lakukan dokter untuk membantu dia lebih berani untuk berjalan,karena teman2 usia dia sudah lebih lancar berjalan.trima ksh.
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA, : Selamat Siang Ibu Novie Ria umumnya untuk tumbuh kembang usia 14 bulan si kecil sudah dapat melangkah selangkah demi selangkah , Ibu dapat berikan semangat untuk si kecil pada proses belajar berjalannya seperti berikan ciuman hangat, pujian dan tepuk tangan dapat memberikan semangat berlajar berjalan dan menghilangkan rasa trauma. Salam.

62. Winarni Adji selamat siang dok, saya memiliki putri berusia 9 bulan yg sedang aktif belajar berjalan, untuk melatih ketrampilan berjalannya saya membelikan ainan seperti push walker, mainan tangan yg berwarna cerah dan berbunyi untuk melatih tangannya menggenggam dan melatih pendengarannya. tetapi ternyata dia tidak tertarik, dia lebih tertarik dgn kursi plastik yg di dorong, meremas-remas kantong plasyik, dan merobek-robek kertas,bahkan ia tertarik mencoret coret kertas, karena melihat kakanya. apakah mainan ug dipilih dpt membantu perkembangnnya?bagaimana sikap saya dgn hal itu, agar peran saya sebagai orang tua mendampingi sikecil supaya tumbuh secaramaksimal secara menyenagkan?
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Winarmi Adji, syarat umum dari suatu mainan atau benda yang diperbolehkan sebagai media stimulasi adalah aman bagi anak seperti tidak tajam, tidak terlalu kecil (takut tertelan), bahannya aman, dll. Jadi kalau putri ibu memilih kursi plastik untuk didorong-dorong sehingga lama kelamaan dia bisa berjalan sendiri, itu boleh saja. Begitu juga dengan pilihan mainan seperti kantong plastik, bunyi saat meremas kantong plastik memang disukai oleh anak-anak ini melatih motorik halus tangannya juga pendengarannya.Pastikan tidak ada robekan kertas yang tertelan karena anak usia 9bulan berada dalam fase oral, yaitu senang memasukkan apa saja kedalam mulut. Peran ibu disini adalah mendampingi anak, memastikan anak dalam area yang aman, dan temani anak bermain sambil mengenalkan nama nama benda yang ada dis ekelilingnya, bermainlah bersama putri ibu dengan wajah riang dan senyum ramah, putri ibu akan turut bahagia. Salam.

63. Ega Puspa siang dokter..saya mau tanya apakah penyebab keterlambatan pd anak (ex : bicara,berjalan) dpt dsebabkan kurangnya stimulasi pd anak tsb? bagaimana cara agar stimulasi yg diberikan dpt optimal? terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, Msc, SpA : Selamat siang Ibu Ega Puspa, perkembangan setiap anak berbeda antara satu dengan yang lain. Ada yang mahir berjalan lebih dulu tapi belum bisa mengucapkan kata-kata, ada pula anak-anak yang sudah bisa berbicara tetapi belum mampu berjalan. Salah satu contoh adalah keterlambatan bicara yang umumnya bisa disebabkan dari gangguan lain seperti gangguan pendengaran, keturunan atau kelainan pada organ bicara dan faktor lingkungan (status sosial, sikap orang tua dll). Perlu dikaji apakah benar ada keterlambatan dalam perkembangan si Kecil atau tidak. Salam.

64. Nur Amalia Selamat siang dr. Vicka,,, putri saya Fira berumur 3th 3bln,,, dia pernah mengalami stuip beberapa kali pada usia 6bln – 1,5 th,,, apakah itu berpengaruh terhadap keterlambatan bicara yg dialami oleh putri saya dan stimulasi apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bicaranya,,, Terimakasih
dr. Vicka, SpA : Selamat siang Ibu Nur Amalia, stuip/step/kejang dapat terjadi karena banyak faktor seperti faktor keturunan, adanya trauma di kepala dan demam tinggi. Pada anak yang sering mengalami kejang, sebaiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahui penyebab kejangnya dan diberikan tatalaksana yang tepat. Stimulasi pada anak yang mengalami gangguan perkembangan akibat kelainan fungsi otak tentunya harus disertai dengan terapi yang tepat pada penyebab kelainannya.

65. Novi Kurniawati Assalammualaikum dokter,putri sya b’umur 3,5bln.kok blm bisa menyangga kepalanya,apa krn jarang sekali sy gendong,cm sy baringkan aja dkasur.bgmna cara menstimulasiny,mohon pnjlsannya y dok.trima kasih
Nutriclub Indonesia : Ibu Novi Kurniawati, saat ini Meet The Expert sudah berakhir. Pada umumnya di usia 3 bulan si Kecil sudah dapat menegakkan kepala ketika didudukkan. Untuk menstimulasinya, gendonglah si Kecil dengan posisi duduk dan biarkan bersandar pada dada Ibu. Nantikan Meet The Expert selanjutnya, jika ada hal lain yang ingin ditanyakan seputar tumbuh kembang si Kecil silahkan hubungi Nutriclub Careline 0800 182 1059, bebas pulsa, dapat dihubungi dalam 24 jam 7 hari seminggu dan follow nutriclub2twitter @Nutriclub_ID. Salam.

SIMPULAN : Agar tumbuh kembang anak berjalan optimal dibutuhkan dukungan orangtua. Salah satunya dengan mengetahui dan memahami setiap tahapan perkembangan yang sedang dijalani anak. Dengan begitu, Ibu bisa mengetahui apa saja stimulasi yang tepat dan sesuai yang bisa Ibu lakukan untuk memberikan dukungan fasilitas pada si Kecil.