Sangatta, Kota Tempat Tambang Batu Bara Terbuka Terbesar di Dunia
Sumber : Bisnis.com

Kalau diminta menyebut kota tambang di Indonesia, sebagian besar dari kita bakal menyebut Timika di Papua atau Belitung yang namanya melejit berkat novel Laskar Pelangi.
Namun, tak banyak yang tahu jika di tengah belantara Kalimantan ada sebuah kota yang berkembang karena dibukanya tambang di sekitarnya. Namanya Sangatta. Statusnya saat ini adalah ibukota Kabupaten Kutai Timur.
Penelusuran “Bisnis”, kota ini awalnya hanyalah desa kecil yang termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Kutai (sebelum pemekaran). Pada era 90-an jalanan beraspal belum ada. Jalur transportasi utama kala itu adalah sungai yang menghubungkan Sangatta dengan Bontang sebagai kota besar terdekat.
Sangatta bisa dicapai via jalur darat dari ibukota Kalimantan Timur Samarinda selama 6 jam perjalanan. Belum ada bandara komersial ataupun pelabuhan penumpang di kota ini.

Nama Sangatta sendiri sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Menurut beberapa sumber sejarah, nama Sangatta berasal dari nama seorang kepala adat suku Kutai di era kejayaan Kerajaan Kutai.
Sampai kemudian PT Kaltim Prima Coal (KPC) berdiri dan mendapat izin kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) pada 1982 dan resmi beroperasi 1992. Perusahaan ini menggali 'emas hitam' di lokasi yang tak jauh dari pusat kota Sangatta saat ini.

KPC adalah perusahaan tambang batubara open pit (penambangan terbuka) terbesar di dunia. Luas lahan konsesinya mencapai 90.938 hektar dengan kapasitas produksi mencapai 50 juta ton per tahun.
Batubara yang diproduksi KPC adalah kategori prima, salah satu kualitas batubara terbaik dengan nilai kalori tertinggi. Oleh karenanya orientasi pasarnya adalah ekspor.

Sekalipun tergolong baru ketimbang kota-kota lain yang lebih dahulu eksis seperti Samarinda dan Balikpapan, tetapi posisinya dalam percaturan politik dan ekonomi di Kalimantan Timur cukup diperhitungkan #miner #sangatta

 
The Journey of Miner's wife 
"Cause all of me, Loves all of you. Love your curves and all your edges. All your perfect imperfections. You're my end and my beginning. Even when I lose I'm winning" (John Legend)
Airborne plane
Double Gear  
Jupiter Office, Kaltim Prima Coal (KPC), Sangatta
 
The longest conveyor minecraft (18 km) in the world (?) :O

 Among the Giant Cars :O



Try to climb the Giant car #:-s 
 
Failed to lift and climb the giant car :P :P :P 
Narsistik me :P :P
  
 
Sweat and Dust  :D
 
 
 
 Tanjung Bara House Camp, Sangatta
 
 
Aquatic Beach
Last but not least : Love the Beautiful Mosque <3
See u again in Jalan-jalan  :*