Membangun Percaya Diri Remaja

Setiap hari sebenarnya tanpa sadar kita telah melakukan tindakan yang membangun rasa percaya diri anak remaja kita seperti memuji, mencium atau memeluk, mendisiplinkan mereka saat melanggar aturan dll. Tetapi kadang kita juga tanpa sengaja melakukan beberapa hal yang meruntuhkan harga diri mereka. Berikut beberapa cara untuk selalu dapat menanamkan rasa percaya diri pada anak remaja Anda.

1. Bijaksana dengan pujian
Akan lebih bijaksana bila Anda memuji pada USAHA/ PROSES yang telah dijalani anak Anda, bukan hanya pada PRESTASI/ HASIL yang didapat. Sehingga bila ia tidak berhasil mencapai target yang dia inginkan, maka anak Anda tidak akan terlalu kecewa karena dia percaya bahwa dia sudah berusaha dengan cara yang baik. 
Doronglah Anak Anda untuk selalu merasa bangga dan bersyukur dengan apa yang sudah dimilikinya karena rasa percaya diri harus muncul dari dalam diri mereka sendiri, bukan karena respon dari luar atau pujian orang lain 
Anak remaja yang memiliki rasa percaya diri rendah, biasanya tidak nyaman dengan pujian yang terlalu berlebihan diberikan. Mereka dapat mengetahui bahwa pujian tersebut diberikan hanya untuk membuat mereka merasa nyaman  dan bukan karena keadaan yang sesungguhnya. Sehingga pujilah anak Anda dengan bijaksana

2. Beri kritik yang membangun
Akan sangat menyakitkan dan tidak ada gunanya bila Anda hanya bisa memberikan kritik tanpa ada solusi. Jauh lebih baik bila Anda mengatakan ” Nilai pelajaran Kimia kamu akan lebih baik bila kamu lebih giat belajar lagi dengan jadwal belajar tambahan bersama guru privat atau  bersama Ayah dan Ibu di rumah”

3. Mintalah Pendapat anak Anda
Libatkanlah anak Anda dalam setiap kegiatan di rumah dan mintalah pendapatnya. Meskipun itu hanya sekedar meminta pendapat untuk warna sofa baru atau warna cat rumah. Anak remaja akan merasa lebih percaya diri bila pendapatnya dihargai dan dipercaya dalam kegiatan orang dewasa

4. Kembangkan Bakat anak 
Semua orang pasti punya keunggulan dan keistimewaan di bidang tertentu. Biarkan anak Anda mengembangkan hobi dan minatnya selama itu tidak menganggu hal hal yang lebih prinsip seperti sekolah dan pendidikannya.
Anda juga harus mempersiapkan mental bila hobi dan bakatnya tidak sesuai dengan harapan Anda, karena memang setiap manusia diciptakan unik terhadap dirinya sendiri.

5. Libatkan anak dalam kegiatan sosial masyarakat. Rasa percaya diri anak akan semakin terpupuk bila ia merasa dirinya berguna untuk keluarga dan lingkungannya. Sehingga kegiatan yang membutuhkan relawan remaja sangat baik untuk diiukuti mereka.

Perlu Anda pahami dalam berkomunikasi dengan remaja, pikiran dan idealisme mereka mungkin akan terlihat terlalu naif atau polos bagi Anda. Dimana mereka belum bisa memahami betapa kompleksnya hubungan manusia dan banyaknya daerah abu abu yang ada. Sat ini pemahaman mereka hanya terbatas pada daerah hitam dan putih saja. Sehingga kita tidak perlu berdebat terlalu jauh bila ada perbedaan pendapat, berikan saja mereka pemahaman dan pengarahan. BIla sudah tiba saatnya nanti, mereka juga akan mengerti sendiri.

Sumber : Ways to build your teenager’s self esteem, Healthy children.org (AAP 2010)