sehat

Makan untuk Tumbuh Sehat dan Kuat

4 Tips Makan untuk Tumbuh Sehat dan Kuat

1.  Makan Buah dan Sayuran setiap hari. Buah-buahan dan sayuran memberikan tambahan vitamin dan serat yang penting untuk anak. Usahakan selalu menambahkan sayuran dan buah dalam menu makanan sehari hari anak. Minimal lima kali buah dan sayuran dalam sehari.

  • Buat menu yang menarik agar anak Anda tertarik untuk makan buah dan sayuran. Misalnya campurkan blueberry di pancake atau roti kegemarannya atau campurkan buah buahan pada sereal anak.
  • Buat juga sajian variasi bentuk yang menarik pada potongan buah dan sayuran. Hindari penyajian buah dan sayuran dalam potongan kecil atau keras yang dapat membuat anak tersedak. Potong buah atau sayuran berbentuk bulat menjadi irisan tipis (misalnya, wortel mentah atau anggur)
  • Sajikan buah dan sayuran dalam bekal makanan anak atau sebagai kudapan sehari hari.

2. Buat anak merasa senang pada makanan yang mereka makan. Ajak anak bercerita mengenai makanannya dan masukan ide mengenai manfaat makanan sehat untuk pertumbuhannya. Ajak anak untuk ikut serta bersama Anda menyiapkan makanan di dapur atau meja makan, biarkan mereka menyentuh dan merasakan makanannya.

3. Sarapan pagi Setiap Hari. Makan sarapan pagi setiap hari membantu anak Anda memulai hari dengan sehat. Masukkan juga menu buah dan sayuran pada sarapan pagi Anda.  Sarapan pagi yang teratur juga dapat bermanfaat mencegah kelebihan berat badan pada anak dan orang dewasa di kemudian hari.

4. Makan Bersama Sekeluarga. Cobalah luangkan waktu Anda untuk makan bersama keluarga sesering mungkin. Bahkan bayi juga dapat diajak bergabung untuk makan bersama. Pada usia 9 bulan, anak sudah dapat makan bersama pada jadwal yang sama dengan Anda. Buat kebiasaan makan bersama ini sejak kecil hingga mereka tumbuh besar untuk kesehatan dan ikatan kebersamaan keluarga.

Berikut diagram pertumbuhan “The Very Hungry Caterpilar” yang dapat Anda gunakan untuk mengukur pertumbuhan anak Anda. Anda juga dapat bercerita, mengenai seekor ulat bulu yang lapar dan selalu makan sehingga dapat tumbuh menjadi seekor kupu kupu yang cantik 🙂  

sumber : Healthy Living Nutrition, Healthychildren.org