Hidup Tidak Ideal Adalah Ladang Amal 

Oleh dr Vicka Farah Diba


Sekitar empat tahun yang lalu saya pernah berkunjung ke Bandung dan mengikuti kegiatan di Mesjid Daarut Tauhid. Namun setelah sekian lama, saya tidak pernah berkunjung ke Bandung lagi. Alhamdullilah di Bulan penuh rahmat ini saya diberi kesempatan kembali 

Saya adalah seorang yang perfeksionis idealis, saya selalu menuntut dunia luar sesuai dengan pikiran saya. Hal ini sering menimbulkan konflik dan kekecewaan dalam hidup saya, karena dunia nyata tentu saja jauh dari sempurna dan ideal. Saya selalu berpikir bahwa bila kita sudah baik, berusaha baik, kemudian berbuat baik maka kebaikanlah yang akan selalu kita temui dan hadapi. Saya sama sekali tidak bisa menerima hal yang sebaliknya

Tapi Apakah memang seperti itu kenyataannya di dunia ini?

Sehingga bila kita bertemu yang jelek, yang sial, tidak beruntung, bertemu manusia manusia jahat artinya kita "tidak baik?" atau kita "kurang berbuat baik?"  Hal itu mungkin saja benar...sebagai bahan dan jalan untuk instropeksi diri kita sendiri....Tidak ada yang salah dengan suatu Instopeksi diri...

Tetapi, setelah saya berkunjung ke Masjid Daarut Tauhid dan mengikuti beberapa kegiatan disana, seorang ustadzah menyampaikan pada saya sesuatu hal yang benar benar baru dan tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya. Beliau menyatakan bahwa "Hidup yang tidak ideal itu, sebenarnya adalah ladang amal bagi kita di dunia" Itu adalah cobaan bagi kita untuk tetap berbuat baik dan bahkan jika kita mampu, kita sebenarnya diberi kesempatan untuk meluruskan hal yang tidak baik itu. Beliau juga mengingatkan Bukankah Nabi Nabi kekasih ALLAH SWT, justru diutus untuk hidup di dunia yang jauh dari sempurna serta menghadapi cobaan yang luar biasa berat sebagai jalan dakwah bagi manusia yang sesat di sana? Sehingga memang pada dasarnya sebagian manusia adalah idealis dan menuntut kebaikan setara dengan yang sudah dilakukannya, akan tetapi bila itu tidak dijumpai sebenarnya bukanlah suatu "hukuman" tapi "cobaan" untuk sekali lagi meningkatkanderajat kita di hadapan Allah SWT
Agar kita dapat memaksimalkan umur, meningkatkan kualitas hidup, mengangkat derajat dan menghapus kesalahan kita sendiri dengan LEBIH berbuat BAIK dan SABAR
Demikianlah bahan renungan yang dapat saya petik, semoga bisa menjadikan bermanfaat bagi kita semua terutama diri saya sendiri. Amin Amin Ya Rabbal ALamin