nyamuk3

Kalimat Waspadai Nyamuk : Lindungi Diri Kita bukan hanya sekedar slogan. Ini benar-benar sebuah imbauan yang harus diwaspadai. Sebanyak 5 dari 6 penyakit tular vektor disebabkan oleh nyamuk. Oleh karena itu, tepat bila tema nasional yang dipilih untuk Hari Kesehatan Sedunia HKS 2014 di Indonesia adalah Waspadai Nyamuk: Lindungi Diri Kita.

Hari Kesehatan Sedunia (HKS) diperingati setiap tanggal 7 April. Tanggal ini dipilih bertepatan dengan tanggal berdirinya Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization. Tahun 2014, peringatan HKS 2014 di tingkat global, mengangkat tema Vector-borne Diseases. Tema ini relevan dengan upaya yang dilakukan Pemerintah bersama masyarakat untuk mengendalikan berbagai Penyakit Tular Vektor di Indonesia, seperti:

  • Malaria ditularkan oleh nyamuk anopheles;
  • Demam Berdarah Dengue ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti;
  • Chikungunya ditularkan oleh nyamuk aedes aegypt;
  • Filariasis ditularkan oleh nyamuk culex/anopheles/mansonia/armigeres;
  • Japanese Encepahlitis disebabkan oleh culex tritaeniorhynchus, dan
  • Pes ditularkan oleh pinjal tikus.

Daerah yang sangat rawan penyakit karena gigitan nyamuk adalah tentu saja daerah yang kumuh namun beberapa spesies nyamuk justru hidup di kawasan yang kelihatan bersih. Benua Afrika adalah yang paling parah terjangkit endemi malaria. Di Indonesia sendiri kasus yang sama juga sering terjadi di beberapa wilayah. sebagian besar negara-negara di benua Afrika dan termasuk negara Indonesia merupakan negara miskin dan berkembang dimana terdapat banyak sekali kawasan kumuh yang borpotensi besar menjadi pusat perkembanbiakan nyamuk yang mungkin saja membawa virus.

Kebiasaan buruk masyarakat yang jorok dan buang sampah di sembarang tempat – termasuk di sungai – adalah awal dari perkembangbiakan nyamuk. Sangat mungkin bagi induk nyamuk untuk bertelur di perairan yang tergenang di selokan mampet atau sampah kaleng bekas, baik itu air kotor atau air bersih. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Pemberantasan sarang nyamuk meliputi kegiatan 3M-Plus yaitu :

  1. Menguras tempat penampungan air secara teratur
  2. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air
  3. Menutup rapat tempat penampungan air,

Plus Memberikan abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk serta penyemprotan atau fogging untuk memutuskan mata rantai pembiakan nyamuk. Dikarenakan jarak terbang nyamuk Aedes bisa mencapai 100 meter, maka luas penyemprotan dilakukan sejauh radius 100 meter dari lokasi pasien.

POSTER DEMAM BERDARAH

Peringatan HKS 2014 merupakan momentum yang sangat tepat untuk memperkuat upaya kita dalam mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, utamanya yang terkait dengan peningkatan kesehatan lingkungan dan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di seluruh Indonesia untuk mencegah munculnya perindukan vektor penyakit merupakan upaya konkrit di lapangan untuk mensukseskan Pengendalian Penyakit Tular Vektor di Tanah Air kita

sumber : Depkes