ANAK MAINSemua anak sebenarnya sudah mempunyai kemampuan dan kekuatan dalam diri mereka untuk menghadapi dunia setiap hari. Sebagai orang tua kita dapat membangkitkan potensi yang ada dalam diri mereka itu dengan memusatkan perhatian terhadap 7 C kekuatan dalam diri anak.

Apa yang dimaksud dengan 7 C Kekuatan Anak Menghadapi Dunia itu? 

Competence (Kompetensi) : Fokus dan kembangkan kompetensi atau kemampuan positif yang dimiliki masing masing anak serta jangan terpaku dengan apa yang tidak dimiliki oleh seorang anak. Masing masing anak adalah individu yang unik dan jangan memaksakan anak untuk menjadi seperti yang ANDA mau saja.

Confidence (Kepercayaan diri) : Motivasi kepercayaan diri anak terhadap hal positif yang dimiliki, sehingga dapat melebihi kekurangannya. 

Connection (Ikatan) : Ciptakan ikatan yang kuat antara anak dan keluarga serta lingkungannya (masyarakat dan sekolah). Sehingga anak mempunyai rasa aman dan memahami nilai nilai hidup yang mencegah mereka mencari jalan bersifat destruktif untuk mencari perhatian dan cinta. 

Character (Karakter) : Ciptakan karakter yang kuat pada anak, dimana anak dapat membedakan hal baik dan buruk. Sehingga kelak anak dapat membuat keputusan yang bijaksana, memberi sumbangan baik pada dunia dan menjadi orang dewasa yang stabil

Contribution (Sumbangan) : Buat anak sadar pentingnya kehadiran dan prestasi mereka terhadap dunia. Ketika anak menyadari bahwa dunia adalah tempat yang lebih indah dengan usaha dan keberadaan mereka, maka mereka akan terdorong berbuat hal baik untuk mengisi hidup dan memperbaiki dunia.

Coping (Keuletan) : Kembangkan semangat keuletan mengatasi masalah dan menangani stress secara efektif. Sehingga mereka akan lebih siap menghadapi tantangan hidup. 

Control (Kontrol diri) : Siapkan kontrol diri pada anak dengan baik. Ketika anak menyadari bahwa mereka dapat mengontrol keputusan dan tindakan terhadap diri mereka sendiri, maka mereka akan lebih ulet dalam hidup. 

sumber : American Academy of Pediatrics