Hati hati Pilih Agen Babysitter di Yogyakarta

Sekedar berbagi pengalaman buat ibu ibu bekerja yang berdomisili di Yogyakarta. 

Dalam postingan ini tentunya saya tidak bisa menyebutkan nama nama agen tersebut secara rinci, namun bila ada yang ingin mendapatkan informasi lebih detil dapat menghubungi saya via inbox. 

Pada prinsipnya agen agen di Yogyakarta ini hampir sama, baik agen resmi atau agen non resmi (calo), mereka tidak pernah bertanggung jawab pada kualitas, attitude dan komitmen dari ART atau Babysitter yg mereka pekerjakan. Bahkan ada agen yang menyediakan baby sitter tanpa pengalaman sama sekali. Padahal uang jasa yang mereka minta jauh diatas rata rata dengan berbagai peraturan yang tidak bisa ditawar. 

Agen agen ini juga mempunyai modus mencari keuntungan dari uang admin yang kita bayarkan. Sehingga bagi mereka justru lebih untung bila si ART/baby sitter keluar masuk, gonta ganti kerja, karena kita sebagai konsumen diharuskan membayar uang admin kembali baik secara full atau tidak sebagai pengganti ART/baby sitter yang baru

Mengenai keamanan anak, tentunya jangan dipercayakan penuh kepada mereka, ada baiknya tetap ada anggota keluarga yang mengawasi si kecil di rumah saat ditinggal kerja. Demikian juga dengan keamanan rumah. 

Minimnya pengawasan pemerintah serta pihak berwajib terhadap agen agen seperti ini membuat kita sebagai konsumen harus waspada dan saling berbagi informasi. 

Pengalaman pribadi saya, salah seorang baby sitter ketahuan tidak jujur, lalu saya kembalikan ke agennya, ternyata baby sitter tersebut dipekerjakan kembali ke konsumen lain seolah tidak pernah terjadi apa apa. Hal ini sempat saya protes, tapi nampaknya agen tersebut masa bodoh dan tidak menanggapi. 

Just share and becareful

Salam, 
Penulis : dr Vicka Farah Diba