Aman Berolahraga untuk Anak

Kebiasaan berolahraga teratur sangat baik diterapkan untuk anak Anda. Berolahraga menjaga agar tubuh anak tetap sehat dan bugar serta membiasakan mereka untuk hidup sehat di kemudian hari. Prestasi olahraga yang baik juga dapat menjadikan anak percaya diri dan lebih diterima di lingkungannya.

Berikut, beberapa tips pencegahan cedera dalam berolahraga untuk anak :

Pada prinsipnya semua jenis olahraga memiliki risiko cedera. Secara umum, lebih banyak kontak dalam olahraga, semakin besar risiko cedera. Kebanyakan cedera olahraga adalah terkilir, yang terjadi pada ligamen (jaringan penghubung tulang), tendon (jaringan penghubung otot dan tulang) atau cedera pada jaringan otot itu sendiri. Hanya sekitar 5 persen dari cedera olahraga melibatkan patah tulang. Namun, daerah pertumbuhan tulang berisiko lebih berat bila terjadi cedera selama fase pertumbuhan. Sehingga pada anak yang sedang tumbuh, titik nyeri tekan di atas tulang harus dievaluasi lebih lanjut oleh tenaga medis terutama jika terjadi keterbatasan gerak dan pembengkakan.

Untuk mengurangi cedera :

  1. Mengenakan pelindung diri yang tepat. Semua pemain olahraga harus memakai alat pelindung yang benar sesuai dengan jenis olahraganya. Seperti bantalan pada siku, lutut, helm atau kacamata.
  2. Lakukan pemanasan. Pemanasan sebelum dan sesudah latihan dapat memperkuat otot-otot yang digunakan dalam berolahraga
  3. Lakukan peregangan. Latihan peregangan sebelum dan sesudah olahraga dapat meningkatkan fleksibilitas otot sehingga mengurangi kram otot.
  4. Gunakan teknik yang tepat dan aman dalam berolahraga 
  5. Istirahat. Gunakan waktu istirahat untuk menghilangkan panas tubuh dan mengembalikan stamina
  6. Hentikan aktivitas jika ada rasa sakit.
  7. Hindari dehidrasi. Selalu minum yang banyak selama dan setelah berolahraga

Hindari stress

  • Tekanan untuk menang dapat menyebabkan stres emosional yang signifikan bagi seorang anak. Sayangnya, banyak pelatih dan orang tua menganggap memenangkan suatu pertandingan adalah aspek yang paling penting dalam berolahraga.
  • Seorang atlet muda harus dinilai pada usaha, sportivitas dan kerja keras mereka. Mereka harus dihargai karena telah berusaha keras dan telah meningkatkan keterampilan mereka daripada dihukum atau dikritik karena kekalahan dalam pertandingan olahraga

sumber : AAP, Sports Injury Prevention