LET DOWN REFLEX=OXYTOCIN REFLEX=MILK EJECTION REFLEX
Oleh dr Meiriani Sari MSc SpA IBCLC
(Almamater Pediatrik GAMA, RS Puri Mandiri Kedoya & RSIA Ibnu Sina Jakarta)

Halo moms and dads… Sudah familiar dong ya dengan istilah di atas. Atau ada juga yang belum pernah dengar ya? Oke deh bagi yang sudah tahu/pernah dengar nggak apa apa ya kalau kita sedikit me-refresh. Tapi bagi yang belum pernah dengar yuk kita coba intip tentang refleks yang satu ini.

LET DOWN REFLEX= OXYTOCIN REFLEX= MILK EJECTION REFLEX

Refleks ini peranannya cukup penting dalam proses menyusui karena jika refleks ini terhambat karena satu dan lain hal maka ASI pun biasanya akan berkurang atau bahkan tidak keluar. Refleks ini pertama kali dirangsang oleh hisapan bayi pada payudara ibu. Biasanya jika seorang ibu sudah merasa percaya diri dan siap untuk menyusui maka pengeluaran ASI dapat terjadi dengan spontan dan sangat mudah, bahkan hanya dengan mendengar suara bayi lain/memikirkan bayinya. Contoh lain dari refleks ini adalah ketika seorang ibu menyusui bayinya pada satu payudara maka payudara sisi lainnya akan mengeluarkan/meneteskan ASI meskipun tanpa hisapan dari si bayi.
Proses proses seperti di atas akan merangsang pelepasan hormon oxytocin sehingga merangsang pengeluaran ASI. Hormon tersebut juga merangsang otot otot disekeliling payudara untuk memerah ASI keluar. Pada saat ini terjadi moms dapat merasakan sensasi yang berbeda beda, ada yang merasa payudaranya seperti kesemutan/geli, ada yang merasa seperti ada desakan dari dalam payudara (payudara terasa penuh) atau sedikit sakit/tidak nyaman dan ada juga yang tdk merasakan apa apa.. Jika moms sudah merasakan hal hal tersebut maka ASI sudah siap untuk keluar dari payudara.

asi9

Adapun hal hal yang membantu lancarnya refleks ini adalah:

  1. Memikirkan bayi moms dengan rasa sayang
  2. Melihat bayi dan mendengar suara bayi
  3. Menyentuh/memegang/menggendong bayi
  4. Rasa percaya diri moms
  5. Perasaan nyaman dan tenang moms

Yang akan menghambat refleks ini:

  1. Rasa khawatir 
  2. Jika moms merasa stress/lelah
  3. Rasa nyeri –> puting lecet atau keadaan payudara moms lainnya yang membuat rasa nyeri/khawatir
  4. Tegang/tidak percaya diri

Sip deh Mom…

Pada awal menyusui ada dua hal yang bisa membantu agar proses menyusui bisa sukses :

  1. Rasa nyaman, percaya diri dari ibu
  2. Hisapan bayi pada payudara ibu sesering mungkin. Karena dengan menetek langsung pada payudara maka bayi moms akan merangsang serabut serabut saraf pada puting. Saraf ini dapat menyebabkan lepasnya hormon tertentu ke dalam darah ibu. Salah satu hormon adalah hormon prolaktin yg bekerja di “pabrik” ASI (alveol). Dan yang satu lagi yaitu hormon oxytocin yang akan merangsang payudara mengeluarkan ASI. Oke deh sekian dulu tentang let down reflex.

So don’t let your baby down moms… Stay happy, confident, relax and enjoy the adorable breastfeeding moments ðŸ™‚

Baca juga ; Tips Sukses ASI (2) Ibu Bekerja  dan Tips Sukses ASI (3) Posisi dan Perlekatan