head

Halo Ayah dan Bunda di seluruh Indonesia,  Salam Dokter Anakku 🙂 Bagaimana kabar si kecil hari ini? Sudahkah membawa si kecil ke Posyandu untuk memantau tumbuh kembang dan mendapatkan Imunisasi? Bila berkunjung ke Posyandu atau petugas pelayanan medis, selain mengukur berat atau tinggi badan anak, jangan lupa juga untuk memantau ukuran lingkar kepala si kecil. 

Pemantauan lingkar kepala

Pemantauan lingkar kepala dan ubun-ubun anak sangat penting dilakukan sejak usia anak di bawah 3 tahun. Tujuan pemantauan ukuran lingkar kepala anak adalah untuk menilai pertumbuhan dan ukuran otak anak serta untuk mendeteksi sejak dini gangguan perkembangan otak. Proses pertumbuhan dan perkembangan otak atau susunan saraf pusat sendiri dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi dan juga lingkungan yang berupa stimulasi atau rangsangan.

Jadwal pemantauan lingkar kepala anak disesuaikan dengan umurnya, Lingkar kepala diukur setiap bulan pada tahun pertama, setiap 3 bulan pada tahun ke dua, dan setiap 6 bulan pada usia 3 sampai 5 tahun.

Ukuran lingkar kepala anak normal sekitar 30 sampai 37 cm. Lingkar kepala akan bertambah 2 cm setiap bulan pada usia 0-3 bulan. Pada usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm per bulan, dan pada usia 6-12 bulan pertambahannya 0,5 cm per bulan. Sampai usia 5 tahun biasanya sekitar 50 cm. Usia 5-12 tahun hanya naik sampai 52-53 cm dan setelah usia 12 tahun akan menetap serta tidak membesar lagi.

Adapun cara pengukuran lingkar kepala adalah :

a. Siapkan pita pengukur kepala (meteran)

b. Tanyakan tanggal lahir bayi/ anak serta hitung umur bayi/anak

c. Lingkarkan pita pengukur pada kepala anak melewati dahi, diatas kedua telinga dan bagian belakang kepala yang menonjol (tulang oksiput) tarik agak kencang sampai kedua ujung meteran bertemu di angka 0. 

d. Cantumkan hasil pengukuran menggunakan grafik lingkar kepala Nelhaus (1968). Pada bagian bawah kurva merupakan usia si anak dalam bulan dan tahun, dan bagian samping kurva adalah ukuran lingkar kepala si anak dalam satuan cm. Grafik bayi laki-laki cukup bulan dimulai dengan ukuran 32-38 cm, sedangkan grafik bayi perempuan cukup bulan dimulai dari ukuran 31-37 cm. 

nellhaus

e. Interpretasi hasil : Bila titik pertemuan ukuran lingkar kepala dan usia anak berada diantara dua titik putus-putus (-2<SD<+2) maka termasuk lingkar kepala normal. Lingkar kepala di bawah -2 SD disebut mikrosefali yang sering disebabkan karena infeksi kehamilan seperti TORCH (toksoplasma, rubella, sitomegalo virus, dan herpes), kelainan kromosom atau kelainan genetik. Penyebab lainnya biasanya disebabkan karena faktor genetik atau asupan gizi ibu ke bayi kurang. Kemudian bila ukurannya di atas +2 SD disebut makrosefali. Sebagian besar kasus makrosefali disebabkan karena hidrosefalus, yaitu kepala besar karena cairan di dalam otak yang berlebihan. 

Pemantuan ubun-ubun besar 

Ubun-ubun atau fontanel adalah bagian dari kepala bayi yang masih lunak. Ubun-ubun muncul karena setelah beberapa bulan dilahirkan, tulang-tulang kepala bayi belum menyambung satu sama lain. Terdapat dua jenis ubun-ubun, yaitu anterior fontanel dan posterior fontanel. Anterior Fontanel merupakan ubun-ubun yang terdapat di depan puncak kepala bayi. Pengukuran ubun-ubun besar (fontanel anterior) juga memegang peranan penting. 

uub

Ukuran ubun-ubun besar normal pada bayi baru lahir cukup bulan adalah 2 cm x 2 cm. Ukuran ubun-ubun besar ini dapat membesar dalam 3 bulan pertama, kemudian akan mengecil dan menutup dengan bertambahnya umur bayi. Ukuran ubun-ubun besar yang sangat kecil atau lebih besar dari 4 cm harus dicurigai adanya gangguan perkembangan jaringan otak selama kehamilan.

Ubun-ubun besar bayi normal sekitar 90-95% telah menutup pada usia 19 bulan. Jika di bawah usia itu sudah menutup disebut Craniosynostosis. Biasanya gangguan ini disertai dengan ukuran lingkar kepala yang kecil. Sebaliknya bila ubun-ubun terlambat menutup bisa disebabkan karena hidrosefalus, sindroma down, kekurangan hormon tiroid dan berbagi penyakit lainnya. 

Dan bila ubun-ubun besar sangat cekung, hal ini bisa disebabkan karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Sebaliknya bila ubun ubun besar sangat menonjol harus dicurigai adanya peningkatan tekanan di dalam kepala.