Photo 1-21-15, 8 16 29 PMUntuk menambah pengetahuan seputar Demam pada Anak, maka Dokter Anakku membuat Trilogy Notes “Mitos vs Fakta : Demam pada Anak”. Trilogy pertama, memuat beberapa pernyatan seputar demam pada anak yang harus orangtua atau pembaca bedakan antara Mitos ataupun Fakta. Trilogy kedua, memuat penjelasan lengkap dari pernyataan tersebut. Trilogy terakhir, menyajikan Kumpulan tanya jawab Meet The Expert, 21 Januari 2015, Antisipasi Demam pada Anak bersama dr Vicka Farah Diba Msc SpA.

Antusiasme orang tua seputar masalah demam pada anak sangat tinggi. Hal ini dapat terlihat dengan membanjirnya pertanyaan pada Acara Konsultasi : Meet the Expert, Rabu 21 Januari 2015 bersama dr Vicka Farah Diba Msc SpA, yang diadakan secara Live di Fanpage Facebook Nutriclub kemaren. Perpanjangan waktu untuk konsultasi pun diberikan oleh pihak penyelenggara, agar dapat menampung semaksimal mungkin pertanyaan orangtua.Yang dapat kami tampilkan disini hanya sebagian dari pertanyaan yang masuk. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada Meet the Expert Notes Nutriclub.  Tak lupa kami ucapkan selamat kepada para pemenang pertanyaan terbaik yang telah mendapatkan bingkisan menarik dari Nutriclub 🙂 Sampai jumpa di Meet The Expert berikutnya. Salam Dokter Anakku. 

Trilogy Notes III, Kumpulan tanya jawab Meet The Expert, 21 Januari 2015, “Antisipasi Demam pada Anak” bersama dr Vicka Farah Diba Msc SpA.

Nafis Winarto Selamat sore dok..salam kenal. Saya mau tanya,Ketika anak qt panas/demam dan sudah di beri obat penurun panas Sesuai anjuran dokter,tapi turun cuma sebentar.Bolehkah qt ganti jenis/merk obat? Lalu berapa kalikah max pemberian obat jika panas anak tdk kunjung turun? Pertanyaan ke 2 .Bahayakah timbul merah2 di sekujur tubuh ketika panas anak sudah sembuh atau itu cuma reaksi panas dok dan apa yg harus qt lakukan sebagai ortu ketika jauh dr tanaga medis ataupun pas hari besar libur. 3= pada batasan panas berapa qt kompres pake air hangat/air kran dok? Mohon penjelasanya trimakasih dok..
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Nafis Winarto, 1. Konsultasi kembali dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut dan tidak disarankan mengganti obat tanpa saran dari dokter. 2. Banyak faktor yang menyebabkan si Kecil bintik merah, seperti alergi, gigitan serangga, biang keringat, dll. kenali penyebab bintik merah si Kecil untuk penanganan yang sesuai. 3. Dikatakan demam jika suhu tubuh si Kecil >38C, Ibu bisa bantu dengan kompres menggunakan air hangat, gunakan pakaian tipis / longgar dan memberikan minuman ekstra pada si Kecil untuk mengganti cairan tubuh yg hilang. Salam.demam

Rindiati Akbar Asslmu’alaikum bu dokter, anak saya umur 9bln..blm tumbuh giginya..n pernah demam tinggi dan cuma ksi obat penurun panas. tp mertua sy blg jgn d ksi obat krn itu demam b’arti anak mau pintar (dlm artian akan merangkak, akn bisa berdiri atau mau tumbuh giginya) yg jd pertanyaan apakah betul demam itu pertanda spt itu dok ataukah itu hanya mitos? N suplemen apa yang cocok anak usia 9bulan agar nafsu makan n daya tahan tubuhnya kuat? terima kasih bu.dokter d tunggu jawabannya.
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Rindiati Akbar, demam terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap berbagai keadaan seperti kondisi dehidrasi, kelelahan, dll. Sehingga tidak ada kaitannya antara si Kecil demam dengan pintarnya dalam tahapan pertumbuhannya. Salam.

Nanik Saryani sore dokter, saya mau tanya, kalau anak demam tapi panasnya ada di bagian tubuh tertentu itu penyebabnya apa ya? seringkali panasnya hanya di leher, kening, perut, tetapi tangan dan kaki dingin sekali. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengurangi demam yang demikian, diselimuti atau justru tidak boleh diselimuti? mohon pencerahannya dokter, terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Nanik Saryani, demam adalah respon tubuh untuk melawan suatu jenis penyakit tertentu. Dikatakan demam jika suhu tubuh si Kecil diatas 38 derajat Celcius bahkan lebih dan Ibu bisa berikan parasetamol untuk menurunkan suhu tubuhnya. Pada beberapa anak cenderung kepala dan telapak tangan serta kakinya terasa lebih hangat dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, jika diukur dengan pengukuran suhu hasilnya normal kondisi seperti ini masih dalam batas normal. jika suhu tubuhnya dibawab 38 derajat celcius di lipatan ketiak dan lipatan paha selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan serta optimalkan asupan cairan agar tidak dehidrasi. Disaat demam sebaiknya berikan pakaian yg tipis dan longgar yang menyerap keringat dan tidak disarankan untuk diselimuti dengan selimut tebal. Salam.

Areta Naya Selamat sore dokter vicka.. saya tinggal di kota Salatiga yang seringkali berhawa dingin.. dan anak saya alergi terhadap cuaca dingin.. akibatnya, saat musim-musim penghujan seperti saat ini alerginya kumat.. ditandai dengan demam yang tinggi dan gatal-gatal di seluruh tubuh.. saya bingung bagaimana cara mengantisipasinya.. padahal sudah kugunakan pakaian hangat dan memberinya minuman hangat seperti susu, teh dls. tapi tetap saja sering kambuh.. saya teringat kalau antibiotik tidak baik bagi anak akhirnya setiap kali ke dokter yang saya minumkan hanya vitamin dan penurun panasnya saja..tapi apa tidak masalah ya dok kalau terlalu sering memberi penurun panas pada anak?? adakah solusi lainnya untuk kasus anak saya ini.. terimakasih dok..
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Areta Naya, gunakan obat demam sesuai indikasi dan dosis yang tepat, bila anak demam dapat diberikan perawatan penunjang seperti memberi kompres hangat selain pemberian ekstra minuman. Salam.

Ni’mah Ibuk’e Akmal Selamat sore dokter Vicka…Anak saya 11bln sudah sejak kemrin demam,siang kemarin sempet dingin,tapi semalam demam tinggi lagi. Demam disertai pula dengan muntah. Apa yang dimakan keluar lagi. Yang ingin saya tanyakan,bagaimana penanganan yang benar jika anak demam tinggi disertai muntah?jika diberikan obat,mana yang didahulukan antara obat penurun panas atau obat muntah dahulu?Terima kasih atas jawabannya.
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Ni’mah Ibuk’e Akmal, saat anak demam, pertama berilah pakaian longgar dan selimut tipis agar penguapan suhu tubuh berlangsung dengan baik, kompres daerah lipatan seperti ketiak dan leher dengan handuk hangat. Obat penurun panas boleh diberikan jika suhu tubuh diatas 38 derajat. Jika demam disertai muntah-muntah, maka dapat diberikan obat penurun panas dari anus (rektum). Obat muntah dapat diberi bersama dengan obat demam sesuai jenis obatnya dan saran dokter. Salam.
Ni’mah Ibuk’e Akmal Terima kasih atas jawabannya.

Silva Siagian siang dr Vicka,saya silva siagian,anak satu usia 2taon 4bln bernama Putra Brawijaya..ingin berbagi pengalaman dg bunda2 semua. klo anak saya demam biasanya saya akan mengompres keningnya dg air dingin,terus saya beri dia minum yg banyak scr kontinyu.saya usahakan sianak banyak istirahat. saya biasanya gk lgs ksh dia obat,sy usahakan menurunkan demamnya secara alami dl.jika demamnya blom turun jg baru saya beri dia obat penurun panas. biasanya anakku gk pnh berhari2 demam,jika sdh mkn obat n bnyk istirahat n bnyk minum,demamnya lgs turun dan dia biasanya sdh mulai aktif lg. smoga bermanfaat y bunda.
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Silva Siagian, terimakasih atas sharingnya. Penanganan demam pada anak ibu akan lebih baik lagi jika diberi kompres hangat pada ketiak atau lipat paha selama 10 – 15 menit utk membantu penguapan suhu tubhnya, memberi ekstra minuman dan memakaian baju tipis dan longgar. Salam.

GUstin WD Selamat sore dok,bagaimana pencegahan jika terjadi kejang saat demam, dan boleh kah ttp di mandikan pd saat anak sedang demam ,terima kasih dok
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu GUstin WD, saat kondisi si Kecil demam sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu. Ibu bisa bersihkan tubuh si Kecil dengan cara dibasuh menggunakan handuk kecil yang diberikan air hangat, agar kondisi tubuh si Kecil tetap bersih walau dalam keadaan demam. Salam.

Fatimah Mulyono Sore Dok,ank ku 9th&4 th baru kmrn panas pd waktu bersamaan,stlh panas agak turun kemudian muncul bintik2 merah/tampek.ini pun terjadi pd dua2nya,yg sy tanyakan bahaya g tampek itu,trus penyebabnya dari apa ?soalnya kejadiannya pas barengan pd kedua ank sy,,,terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Fatimah Mulyono, bila ruam muncul setelah demam turun biasanya disebabkan oleh karena virus penyebab eksantema subitum sedangkan tampek atau campak merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi morbillivirus. Penyakit ini sebagian besar menyerang anak-anak. Saat si Kecil mendapatkan penanganan yang tepat maka keduanya dapat disembuhkan dan tidak berbahaya. Salam.

Nita Wisudawati oya dok…untuk penurun panas balita lebih aman paracetamol atau ibuprofen ya dok?mksh
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Nita Wisudawati, penggunaan Ibuprofen sebagai penurun demam pada anak diperbolehkan namun harus hati hati dengan efek samping saluran cerna (nyeri lambung). Parasetamol tetap digunakan sebagai penurun panas lini pertama untuk anak. Salam


Amilu Umma Khaira
kapan waktu yg tepat anak harus dibawa ke dokter ketika demam dok ? terima kasih jawabannya

dr. Vicka Farah Diba, SpA : Ibu Amilu Umma Khaira, demam adalah peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal yaitu lebih atau sama dengan 38C. Umumnya terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap infeksi atau terhadap berbagai keadaan (kelelahan, dehidrasi, dll). Jika demam disertai dengan dehidrasi, frekuensi buang air kecilnya berkurang dan berwarna pekat, rewel atau menangis terus menerus, lemas, tidur terus menerus dan sulit dibangunkan, sesak napas, muntah atau diare terus menerus segera konsultasi dengan dokter. Salam.

Tya Firmansyah Dok,anak kalau sakit panas 39’C biasanya di kasih obat paracetamol di samping anti biotik nah yang saya tanyakan berbahaya tdk kalau sering di kasih obat antibiotik?dan satu lagi bu dokter jika anak panas di atas 39’c atau 40’c segera di bawa ke dokter nah yang perlu saya tanyakan derusi berapa jam untuk segera mendapatkan pertolongan dari dokter?krn blm jarak rmh ke rumah sakit dan antrinya?apa dampaknya jika panas 40’c dapat merusak sel otak ?
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Ibu Tya Firmansyah, penggunaan antibiotik di saat demam harus atas rekomendasi Dokter dan sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Sebisa mungkin segera bawa ke Dokter jika suhu tubuh sudah mencapai 39 derajat Celcius atau bila anak rewel, tidak mau menyusu, mengalami dehidrasi dengan gejala frekuensi buang air kecilnya berkurang dan berwarna pekat, lemas, tidur terus menerus dan sulit dibangunkan, Jika demam tinggi terjadi secara terus menerus dapat berakibat terjadinya kerusakan jaringan tubuh, diantaranya kerusakan pada otak/susunan syaraf pusat, kerusakan otot tubuh dan kerusakan organ seperti jantung dan ginjal. Salam.

Fabrizio Zaidan Ibrahim Dok. katanya orang yg demam jangan diselimuti oleh selimut yg tebal, Bagaimana cara mengatasi anak demam jika anak tersebut kedinginan, sementara pakai selimut tebal kurang baik, jadi harus pakai apalagi. Yang kedua bagaimana cara memberi anak obat yg sedang demam tinggi tapi anaknya ga mau dikasih obat. Mohon Tipsnya. Terima kasih.
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Fabrizio Zaidan Ibrahim, saat kondisi si Kecil demam tidak disarankan untuk diberikan selimut atau gunakan pakaian hangat lainnya, karena akan menghambat pengeluaran panas tubuh yang berakibat si Kecil menjadi bertamabah demam. Ibu bisa gunakan pakaian yang longgar saja saat si Kecil demam, dan kompres menggunakan air hangat pada lipatan kulitnya. Salam.

Ima Aab Poenya selamat sore dok Vicka,anak saya berusia 16bulan.. minggu kmrin dy demam tp saya kasih irisan bawang merah,minyak telon dan minyak kelapa lalu d oles2 k badan,punggung,dan area kepala,pakai celana pendk,baju yg tipis,,selang beberapa menit alhamdulilh pasanya turun.
apa tdk akan apa2 kalau begitu?
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Ima Aab Poenya, bawang merah, minyak telon atau minyak kelapa secara alami memang dapat menghangatkan tubuh dan mengurangi rasa sakit namun tidak disarankan untuk digunakan bila anak demam. Lakukan perawatan demam seperti perbanyak minum si kecil, atur suhu ruangan jangan terlalu panas atau terlalu dingin, gunakan pakaian yang longgar dan selimut tipis, lalu coba ukur suhu tubuh si kecil dengan termometer, jika sudah diatas 38 derajat ibu boleh memberikan obat penurun panas. Jika masih di bawah 38 derajat belum perlu diberikan obat, kontrol suhu tubuh anak dengan baik, jika 3 hari belum ada perubahan silakan dibawa ke dokter untuk di diagnosa secara langsung apa penyebab demam sikecil. Salam.

Putridian Happily Moment dok aIMG_1015.JPGpakah Demam itu merupakan suatu Penyakit? dan apakah anak yg akan tekena demam itu ada tanda”nya serta bagaimana cara menjaga anak kita agar tidak terkena demam? trimakasih dok,
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Sore Ibu Putridian Happily Moment, demam belum tentu merupakan penyakit. Peningkatan aktivitas tubuh atau kurangnya cairan tubuh juga dapat menyebabkan suhu meningkat . Meningkatkan daya tahan tubuh dan rutin mengkonsumsi air minum dapat mengurangi peningkatan suhu tubuh. Salam.

Ari Irawati Adieva Djaya Sore dok,,sy ibu dari 1 anak,,mau nanya apakah kalau si kecil kelebihan aktifitas bisa menyebabkan demam ya karena kecapekan?krn slama ini anak sy setiap demam tidak disertai batuk ato flu,,tiba2 badan panas,,suhu yg dikatakan demam dan hrs waspada itu brp derajat dok?trs cara penanganan yg tepat ketika anak demam tinggi biar tdk terjadi kejang sblm dibawa ke dokter apa aja yg hrs diperhatikan?terima kasih jawabannya dok..sukses slalu..
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Ari Irawati Adieva Djaya, demam terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap berbagai keadaan seperti kondisi dehidrasi, kelelahan, dll. Saat si Kecil demam Ibu bisa kompres menggunakan air hangat pada bagian lipatan kulit seperti dahi, ketiak, leher, atau pangkal paha, sebagai penanganan pertama saat si Kecil demam. Suhu nomal tubuh sekitar 36,5-37,5 derajat celcius. Jika suhu tubuh di Kecil lebih dari 38 derajat celcius Ibu bisa langsung konsultasikan kedokter. Beri pertolongan pertama seperti perbanyak minuman, beri kompres air hangat dan gunakan pakaian tipis serta longgar untuk anak. Salam.

Wiwiet Rinie Dok, pertolongan pertama apa yang bisasaya lakukan ketika anak saya tiba-tiba menggigil hebat dan kemudian suhu tubuhnya mulai tinggi. mksh
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Ibu Wiwiet Rinie, demam adalah peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal yaitu lebih atau sama dengan 38C, Umumnya terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap infeksi atau terhadap berbagai keadaan (kelelahan, dehidrasi, dll). menggigil adalah respo tubuh utk menurukan demam, Ibu bisa bantu dengan kompres menggunakan air hangat, jika si Kecil menggigil gunakan pakaian tipis dan longgar dan memberikan minuman ekstra pada si Kecil untuk mengganti cairan tubuh yg hilang. Salam.

Vio Callista Sore dok,saya mo tanya nih. Apakah da pengaruh step/kejang sewaktu demam dengan pertumbuhan si anak seperti lebih menjadi aktif/hiperaktif jika si anak tersebut mengalaminya sewaktu bayi berumur 6 bln. Terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Vio Callista, kejang yang berkeseringan dapat menganggu oksigenasi ke otak, sehingga kejang harus ditangai dengan baik dan kenali penyebabnya sehingga bisa dihindari kejadian berulang. Belum ada penelitian yang menunjukkan anak menjadi lebih aktif atau hiperaktif karena pernah kejang di usia bayi. Salam.

Chrismayani Chris Selamat sore dok.. saya mau tanya.gmna cara mengatasi anak yg demam tinggi dan suka kejang. Sblmny saya,ucapkan terima kasih utk jawabanny.
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Sore Ibu Chrismayani Chris, pada saat si kecil demam optimalkan terus pemberian jus dan minum air putih, berikan baju yang berbahan tipis, mudah menyerap keringat dan kompres mengunakan air hangat. Terjadinya kejang demam karena suhu tubuh terlalu tinggi, jika kejang terus berulang dapat segera hubungi dokter. Salam.

Rumaisha Masru selamat sore Dokter Vicka, saya mau bertanya apakah jika anak demam sangat tinggi akan mempengaruhi saraf dan kecerdasan otaknya kelak? selain di kompres dengan air hangat apakah memberikan bawang merah yg ditumbuk dan dibalur pada bagian punggung anak apakah sudah benar bisa mempercepat penurunan suhu tubuh anak? terimakasih untuk jawaban nya dokter
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Rumaisha Masru, saat si Kecil demam Ibu bisa kompres menggunakan air hangat di lipatan ketiak dan lipatan paha selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan serta perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi, tidak disarankan pemakaian bawang putih untuk anak demam. Salam.

Melisa Manurung Sore dok..saya punya 3 orang putri 4 thn dan adiknya kembar 13 bulan..kenapa ya dok ketika anak2 saya demam..demamnya tinggi2 terus..39 sampai 40 derajat celcius..tapi mereka tidak pernah step..mudah2an sampe seterusnya mereka tidak mengalami step..dok.kalaupun terjadi step hal apa yg harus saya lakukan agar tidak terjadi hal2 yg lebih berbahaya dikarenakan step tsb..saru lagi dok..kadang kalo anak2 dibawa ke dsa sering diberi antibiotik apa benar dok kalo antibiotik itu harus dikonsumsi sampai habis..akalu tidak sakitnya ga akan sembuh..terima kasih atas jawaannya dok..
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Melisa Manurung, demam yg disebabkan oleh karena virus memang mempunyai ciri ciri mendadak tinggi (>39 derajat celcius) sehingga dapat menyebabkan anak kejang. Bila anak kejang lakukan hal berikut : jangan panik, longgarkan pakaian anak, miringkan anak agar tidak tersedak air liur, masukan obat anti kejang dari anus(rektum) sesuai dosis dan cara pemakaian yg tepat, bawa segera anak ke dokter. Penggunaan antibiotik adalah sesuai indikasi medis dan tidak semua dokter memberikan antibiotik tanpa indikasi, sehingga bila antibiotik sudah diberikan maka konsumsilah sesuai petunjuk dokter. Salam.

Eva Rihano Selamat sore dokter..Anak saya laki2 umur 6 tahun kemarin demam dan muntah, untuk itu saya berikan obat demam yang mengandung ibuprofen, sekarang ini kondisinya sudah tidak demam tetapi keluhannya adalah pusing.
1. Apakah saya bisa tetap memberikan obat yang sama yang mengandung Ibuprofen atau saya ganti dengan obat yang mengandung parasetamol. 2. Apakah perbedaan obat demam yang mengandung ibuprofen dan parasetamol karena bingung sebaiknya menggunakan obat yang mana untuk mengatasi demam pada anak. Mohon penjelasannya dok, terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Eva Rihano, bila anak mempunyai riwayat muntah sebaiknya menggunakan parasetamol sebagai penurun panas karena ibuprofen mempunyai efek samping iritasi pd lambung atau saluran cerna. Salam.
Eva Rihano Baik dokter ,trima kasih untuk jawabannya sangat bermanfaat sekali untuk saya .

Fauziyah Laila sore bu dokter, putri saya usia 22bln dari bayi sampai sekarang kalau demam tidak langsung saya bawa ke dokter melainkan pakai cara tradisional dari neneknya pake irisan bawang merah yg dicampur minyak telon lalu dibalurkan keseluruh tubuh alhamdulillah manjur juga tapi kalau demamnya berlanjut lebih dari 3 hari baru saya bawa ke puskesmas. Pertanyaan saya apakah cara yang saya lakukan sudah benar terus apakah pemberian antibiotik dibenarkan karena setiap anak saya demam trus resepnya dikasih obat antibiotik sedangkan setahu saya penggunaan antibiotik itu tidak boleh sembarangan, maaf kepanjangan ya bu dokter, terima kasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Fauziyah Laila, tidak disarankan memberikan bawang merah dan minyak hangat untuk menurunkan demam anak, karena pada beberapa anak dapat menyebakan iritasi kulit. Pemberian antibiotik harus sesudah dikonsultasikan dengan dokter, agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi si Kecil. Pastikan antibiotik yang diberikan sampai habis dan sesuai saran dokter. Optimalkan asupan cairan seperti jus atau air putih, beri kompres air hangat saat si Kecil demam. Salam.
Fauziyah Laila Oh, iya memang kadang kulitnya suka agak kemerahan saya kira biang keringat biasa, makasih dok jawabannya

Diana Neta Selamat Sore dokter,mau tanya. Apa saja pertolongan pertama saat balita demam ketika berada dirumah / berpergian?
menurut dokter manakah yang memiliki sedikit efek samping untuk obat penurun panas yang mengandung ibuprofen ato parasetamol aman untuk balita?terima kasih jawabanya yang sangat berguna sekali untuk saya sebagai ibu untuk merawat sikecil dari sakit
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat sore Ibu Diana, pertama, berilah si kecil banyak minum untuk menurunkan panas demamnya, atur suhu ruangan jangan terlalu panas atau terlalu dingin, gunakan pakaian yang longgar dan selimut tipis, lalu coba ukur suhu tubuh si kecil dengan termometer, jika sudah diatas 38 derajat ibu boleh memberikan obat penurun panas. Jika masih di bawah 38 belum perlu diberikan obat, kontrol suhu tubuh anak dengan baik, jika 3 hari belum ada perubahan silakan dibawa ke dokter untuk di diagnosa secara langsung apa penyebab demam sikecil. Penggunaan Ibuprofen sebagai penurun demam pada anak diperbolehkan namun harus hati hati dengan efek samping saluran cerna (nyeri lambung). Parasetamol tetap digunakan sebagai penurun panas lini pertama untuk anak. Salam.

Khairiah Panggabean Selamat sore ibu dokter, saya ingin bertanya , jika anak saya sama sekali tidak bisa minum obat penurun panas ketika panasnya sudah mulai tinggi, setiap minum obat selalu mual kemudian muntah, amankah menggunakan penurun panas yang dimasukkan melalui dubur dok ? Terima kasih atas jawabannya
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Sore Ibu Khairiah Panggabean, Ibu dapat lakukan kompres menggunakan air hangat dan optimalkan minum air putih jika demam tidak turun dapat konsultasikan dengan dokter untuk pengunaan dosis obat dan cara pemakaian penurun panas melalui anus (rektum). Salam.

Sii Ngangeny Ithu Uut selamat sore dokter, dokter ketika anak panas mencapai brapa derajat yang perlu di kasih penurun panas? 2. dokter ketika memberi penurun panas kepada anak apa harus dengan antibiotik? 3. apa dampat ketika anak sering di kasih antibiotik ketika sakit. terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Sii Ngangeny Ithu Uut, 1) Jika suhu tubuh diatas 38 derajat celcius Ibu bisa berikan parasetamol 2) untuk penggunaan antibiotik sebaiknya ditanyakan kembali dengan Dokter agar penggunaannya tepat sesuai kondisi si Kecil 3) penggunaan antibiotik berkaitan dengan bakteri dan infeksi pada tubuh. Pada umumnya dampak dari penggunaan antibiotik seperti nyeri di perut, kembung, mual, kram, dan diare tapi efek samping tersebut tidak selalu sama pada setiap anak. Sebaiknya penggunaan antibiotik tidak dilakukan dalam jangka waktu panjang dan konsultasikan kembali dengan Dokter. Salam

Arie Ariansyah dok, tahun kmrn waktu anak saya 2,5th, untuk pertama x nya saya tinggal bekerja, setelah 1mnggu saya tinggal, anak saiya demam 37c tiba2 dy kejaang…saiya lgsng panik n bawa dy ke rs,pdhl Dari bayi dy jarang demam,sekalipun demam itu krna mw numbuh gigi..dan tdk pnh demam disertai kejang. dan tahun ini dy 3,5th,pas saiya kmrn tingaal untuk kerja lg…tiba2 dy demam..untungnya tidak sampai kejang. yang ingin saiya tanyakan, munurut dokter,apakah anak saya demam+kejang karna memikiran takut jauh dr saya? dan knp kejang bs terjadi,pdhl panasnya msh 37c?bagaimana penangan pertama saat anak kejang?
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Arie Ariansyah, kejang itu sendiri bisa disebabkan karena suhu tubuh lebih dari normal yaitu >38C yg disebut kejang demam. Namun, bila suhu tubuh anak memang normal saat kejang, maka Ibu dapat membawa anak konsultasi ke dokter agar dapat penanganan yang tepat. Salam.mte

Cintya Herwansyah slmt sore dokter,, anak sy berusia 15bulan, bulan november lalu anak sy demam an hrs dirawat karena suhu badannya 41c, yg ingin sy tanyakan, pertolongan pertama apa yg rs dilakukan saat anak demam selain dengan memberikan obat penurun panas,, mohon pencerahannya dok, terimakasih
dr. Vicka Farah Diba, SpA : Selamat Malam Ibu Cintya Herwansyah, demam adalah peningkatan suhu tubuh diatas suhu normal yaitu lebih atau sama 38C, Umumnya terjadi karena tubuh memberikan respon terhadap infeksi atau terhadap berbagai keadaan (kelelahan, dehidrasi, dll). Penanganan awal Ibu bisa bantu dengan kompres si Kecil menggunakan handuk kecil dan bersih yang dibasahi kedalam air hangat. Kompres bagian dahi, lipatan paha dan lipatan ketiak. Optimalkan asupan cairan seperti jus atau air putih untuk mencegah si Kecil dehidrasi. Salam.