Kiat Mengajak Anak Mudik Bebas Sakit
Live Chat with Expert, Prosehat
Q&A #KamiSehat – 07 Juni 2018

Lilis Ekawati
“Selamat malam dr. Vicka Farah Diba M. Sc , Sp. A Saya mau tanya nih , Rencana kita sekeluarga mau mudik naik kereta api
1. Bagaimana caranya agar kebutuhan makan sikecil terpenuhi karena dia lagi pilek?
2. Bagaimana cara mengajari anak adaptasi dengan kampung halaman yg cenderung dingin?
Terimakasih sudah berkenan menjawab pertanyaan saya”

Dear Ibu Lilis,
1. Bila anak sedang sakit dan malas makan, tetap cukupi kebutuhan nutrisinya dengan memberi makanan bergizi seimbang, dengan cara memberi porsi sedikit tapi sering terutama buah dan cairan.
2. Bila hendak bepergian ke tempat dingin persiapkan pakaian hanga untuk anak seperti jaket dan selimut

Vera Andi
“Selamat malam dokter,putri saya (5thn) gampang mabuk perjalanan dan rencana nya besok kami akan mudik ke kampung halaman. Pertanyaan saya yaitu :
1. Persiapan² apakah yg harus saya siapkan agar anak tidak gampang sakit selama mudik ?
2. Dan bagaimana tips nya agar anak tidak jatuh sakit selama perjalanan mudik ?
Makasih dokter…..”

Dear Ibu Vera Andi,
Tips mencegah anak sakit dan mabuk perjalanan:
1. Untuk mencegah mabuk perjalanan selama berkendara, upayakan anak lebih banyak melihat jauh ke depan dan tidak melihat benda-benda yang bergerak secara cepat di dekatnya
2. Hindari kondisi pencernaan yang terlalu penuh dengan makanan berat atau minuman bersoda. Hindari pula kondisi kekurangan cairan, karena ini juga akan membuat mual dan mudah pening.
3. Hindari membaca buku atau bermain gadget selama dalam perjalanan di mobil.
4. Pastikan udara dalam kendaraan cukup segar dan memiliki sirkulasi yang baik. Bila memang anak sudah tampak mulai merasakan gejala mabuk perjalanan, kerap kali minyak aroma terapi dapat membantu mengalihkan rasa mualnya.
5. Upayakan kendaraan melaju dalam kecepatan yang stabil dan tidak berguncang terlalu banyak. Bila anak tampak mulai jenuh atau mual, menepi dan beristirahatlah sejenak sekitar 10-15 menit di area istirahat yang ada.
6. Konsultasi dahulu ke dokter anak untuk pemberian obat yang diperlukan dan tidak mengonsumsi obat tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.”

Suci Zein
Selamat malam dok, bayi saya usia 11 bulan sedang demam, seperti masuk angin dan buang air.. rencananya weekend ini saya akan mengajak anak saya mudik ke bandung. pertanyaan saya, apakah aman sy membawa anak saya yg sedang kurang sehat dalam perjalanan jauh ke bandung? terima kasih dok. salam, #KamisSehat

Dear Ibu Suci Zein,
Tidak dianjurkan membawa bayi yang sakit dalam perjalanan . Bila anak sedang sakit, maka sebaiknya periksa kondisi anak ke dokter lebih dahulu

Unima
Salam hangat bu dokter, sy ingin tanya. saya memiliki bayi umur 2 bulan 5 hari BB 6.6kg. rencananya suami ingin membawa anak saya mudik ke lampung. yg menjadi pertanyaan dan kekhawatiran sy adalah amankah bagi bayi saya bepergian jarak jauh seperti itu? apalagi mengingat kondisi mobil kami yg non AC + suasana dalam kapal feri yg (menurut saya)sangat tidak layak untuk bayi. mohon penjelasannya dan sarannya terima kasih #KamisSehat

Dear Ibu Unima,
Membawa bayi dalam perjalanan jauh tentunya mempunyai risiko tersendiri, periksa kondisi kesehatan bayi sebelum berangkat, pilih kendaraan yang nyaman dan aman untuk bayi, perhatikan sirkulasi udara dalam kendaraan. Pastikan udara dalam kendaraan cukup segar dan memiliki sirkulasi yang baik.