Dengan suara yang masih serak serak (beneran) n so pasti nggak merdu seperti suaranya Cakra Khan (My Singer Idol), plus hidung tersumbat, batuk, meriang, saya dengan terpaksa menjalani prosesi Bedrest : nggak ke mana mana, nggak ke RS selama 2 hari /dignose


Sighh... Mau bagaimana lagi, daripada kondisi semakin ngedrop dan diri sendiri berpotensi menebar virus, saya akhirnya dengan terpaksa menjalani prosesi ini. Dan ternyata, di rumah : Sendirian (kebetulan semua keluarga sedang ke Jakarta) Badan Sakit, Plus Bengong ndak ada aktivitas, bikin  pikiran melayang kemana mana, terutama pikiran mellow dan sedih sedih.... Sighh..... It's really unhealthy.... /sweat

Saya jadi bersyukur banget, ketika saya bisa punya banyak kesibukan harian, dimana dalam kesibukan itu bisa membantu banyak orang yang membutuhkan tenaga dan pikiran saya (Baca : Busy is a Gift). 

Bagaimanapun, prosesi Bedrest ini harus bisa saya nikmati, karena ini juga merupakan pemenuhan hak untuk tubuh saya sendiri, yang sepertinya memang akhir akhir ini sudah saya abaikan. Selain minum obat medis, saya juga mengupayakan obat non medis seperti kecap plus jeruk nipis, minum kacang ijo, n so pasti tidurrr yang banyak.....

Selain mengkonsumsi obat medis, daripada pikiran melayang layang akhirnya saya berusaha menggunakan waktu seharian di rumah ini buat nulis, ngedownload videonya pak Mario Teguh dan Dahlan Iskan via YouTube, lalu membaca kiriman email PDF perjuangan Pak Dahlan dalam proses transplantasi hati "Ganti Hati" yang saya dapat dari salah satu penggemar Pak Dahlan (Makasih banyak buat Pak Surwanto) kemudian mempelajarinya untuk "Doping Hati" saya sendiri agar bisa menepis semua perasaan mellow dan sedih yang menyerang. Karena saya ingin sehat, selalu bahagia dan bersyukur dengan kondisi apapun saat ini. Hubungan usaha saya ini berkaitan dengan sekali dengan judul tulisan kali ini yaitu "Sensasi Sate Kacang"   

Mengapa Sate Kacang?? Sebenarnya sebagai pribumi asli, saya suka semua makanan khas Indonesia. Termasuk segala macam jenis sate (sate Padang, sate Kecap, sate Serepeh khas Rembang, sate Maranggi khas Purwakarta, sate Klatak khas Yogya) tetapi memang ada hal khusus yang berkaitan dengan sate kacang ini. Hal ini disebabkan karena secara fisiologis di dalam proses penyimpanan memori manusia, semua kejadian atau benda yang berkaitan dengan kejadian tersebut akan tersimpan di korteks memori dimana sebelumnya harus melewati sistem limbik. Sistem Limbik berfungsi untuk memberikan "kesan dan rasa" terhadap memori tersebut. Kesan dan rasa itu bisa bahagia, sedih atau pahit. Sehingga bisa saja kita sudah lupa akan suatu kejadian, akan tetapi kita masih ingat "kesan" yang tersimpan dari kejadian atau benda tersebut. Seperti saya, setiap menikmati sate kacang, saya kadang masih merasa getir dan pahit, bahkan bisa menitikkan air mata karena saya merasakan "kesan dan rasa" tertentu berkaitan dengan kejadian di masa lampau, yang mungkin sebenarnya seiring waktu sudah mulai hilang dalam memori saya tetapi tetap masih bisa saya "rasakan". 

Disini saya tidak akan bercerita secara lebay dan alay tentang kejadian apa yang menimpa saya. Cukuplah itu menjadi bagian cerita hidup saya saja yang sudah saya anggap masuk dalam "Kotak" (Baca juga : A Box to Heaven). Saya hanya ingin berbagi hikmah dan bagaimana ketegasan yang harus diambil untuk mengakhiri semua perasaan getir dan sakit oleh sebuah PENGKHIANATAN dan bagaimana mensikapi si pengkhianat serta orang lain yang datang setelah itu. Tentunya ilmu ini tidak saya dapat tiba tiba dari langit, tapi saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya yang saya pelajari selama masa prosesi Bedrest

Menurut Pak Mario Teguh, ada yang namanya GOLDEN GOODBYE. Golden Goodbye artinya adalah bagaimana cara berpisah dari semua hal yang tidak baik bagi kita, menuju hal yang baik. Kunci utama ternyata adalah IKHLAS dan BERSYUKUR.  IKHLAS menerima bahwa apapun yang terjadi saat ini adalah yang terbaik bagi kita. Walaupun mungkin kita merasa sangat pahit dan penuh kekurangan, tapi terimalah dengan ikhlas kondisi ini sebagai bagian terbaik untuk kita saat ini "You are The Best of You" lalu BERSYUKUR, bahwa kita telah dihindarkan dari hal yang tidak baik, meskipun saat ini semua masih terasa pahit. Bersyukur itu penting, karena janji Tuhan sendiri adalah akan menambah nikmatNYA bagi siapa saja yang bersyukur dan Tuhan justru akan memberi azab yang pedih bagi siapa saja yang kufur terhadap nikmatNya (QS Ibrahim : 7). Sehingga kedua kata kunci ini harus kita miliki dulu sebagi modal dasar.

Sikap kedua adalah KETEGASAN diri untuk menghentikan perlakuan yang menyakiti diri sendiri, sehingga kita bisa mengatakan "LO-GUE END" dengan tegas terhadap semua hal yang tidak baik, apalagi pada orang yang telah mengkhianati kita. Hal ini ternyata memang sulit untuk beberapa orang (termasuk saya) karena saya sendiri selalu berpikir bahwa : "Saya akan menerima permintaan maafnya dan berusaha memperbaiki dirinya". So naif and stupid sebab merubah diri sendiri saja sudah sulit apalagi berharap merubah orang lain yang belum tentu berniat untuk merubah dirinya. Walaupun cara ini memang naif dan bodoh, saya tidak perlu berkecil hati karena ternyata banyak sekali yang seide dengan saya sehingga juga terjebak dalam kegalauan tak berujung yang sama. Berikut saya sertakan hasil Pooling dari MTGW : 
Para orang tua membesarkan anak perempuan mereka untuk menjadi pribadi yang cerdas, ceria, anggun, mandiri, dan memiliki rasa hormat yang sehat terhadap dirinya sendiri.
Tapi, karena lumpuhnya logika dalam masa awal cinta, tidak sedikit wanita memaksakan diri untuk menikahi laki-laki bermasalah.
Sebagai contoh, 32% pollsters di www.MTGWPoll.com menyatakan akan memaafkan jika kekasih atau pasangannya menyelingkuhinya.
Berarti 32% orang itu berencana untuk menerima sakit hati dan harus menyabarkan diri dalam pernikahan yang penuh khianat.
Mereka akan memenuhi bandwidth di dunia maya dengan status, profile, curhatan tanpa malu ke seluruh dunia tentang derita orang baik yang berjodoh dengan orang tidak baik.
Banyak orang membodohkan diri karena rasa cinta yang sementara, dan memaksa diri hidup dengan tanpa tulang belakang mengeluhkan dunia yang dituduhnya tidak adil.
Awal cinta itu memang indah, tapi itu hanya awalnya.
Tanpa kecerdasan untuk memilih kekasih dan pasangan yang baik, dan tanpa kesungguhan untuk mencintainya dengan baik, cerita cinta yang dulu itu indah hanya akan menjadi mimpi buruk yang menghantui siang dan malam Anda.
Mario Teguh – Loving you all as always
Nasehat ketegasan berikutnya adalah :
Anjing memiliki kemampuan mengendus rasa takut orang.
Itu sebabnya, anjing hanya mengejar orang yang takut.
Kekasih atau pasangan yang mengindikasikan kemudahan memaafkan jika dikhianati, akan dikhianati. Ketegasan adalah penegak bagi banyak kualitas kehidupan.
Mario Teguh – Loving you all as always
Lalu berikutnya, bagaimana bersikap terhadap si Pengkhianat itu sendiri?? Karena seperti lagunya MAIA : Kadang si pengkhianat cinta ini tidak meninggalkan kita untuk yang lebih baik. Kadang pilihannya pun hanya berdasar nafsu saja sehingga belum tentu si "dia" itu lebih baik dari kita. Untuk orang ini dan pasangannya, LUPAKAN dan MAAFKAN saja. Masukkan semua masa lalu dalam "Kotak" Kemudian Katakanlah ini sebagai kata-kata kita sendiri …
Tuhanku, aku mohon Engkau membantuku mengerti dan menerima rencanamu bagiku, karena semua yang Kau rencanakan pasti untuk kebaikanku.
Mohon tenagailah kesungguhanku untuk setia di jalan yang benar, untuk tetap patuh kepada harapan-harapanMu, dan beriman kepadaMu sampai akhir waktu.
Semoga Engkau menguatkan hati dan pikiranku untuk mengatasi kesulitan dan tantangan kehidupan, dan limpahilah aku dengan rezeki yang besar, dengan keluarga yang berbahagia dan sahabat-sahabat yang tulus.
Selanjutnya, menghadapi orang yang Anda temui berikutnya. Ternyata ada ilmu  Move On and Move Up dari pak Mario. Sehingga bila saat ini kamu belum dapat pengganti, sementara so pasti dunkss....Si Pengkhianat sudah lebih dulu ketawa ketiwi dengan yang baru dan pamer kemesraan kemana mana. Tidak usah berkecil hati, ikut ikutan buat terburu buru mencari pengganti tidak akan menyelesaikan masalah, lebih baik jika kita memberi waktu untuk diri kita menenangkan diri, instropeksi lalu berusaha mempercantik jiwa menjadi lebih baik, meningkatkan kualitas dan memantaskan diri bagi jiwa yang jauh lebih baik dari yang dulu. Karena Tuhan sudah berjanji bahwa "Laki laki baik untuk wanita baik, wanita baik untuk laki laki baik" (QS An NUR : 26)

 So...after all that long notes, lets enjoy "Sate Kacang" that taste so GOOD right now.../ bye